siker.id - Membuat suasana kerja agar nyaman, tetap fokus dan produktif tidak hanya dengan makanan, olahraga, dan mendengarkan musik. Tetapi menata ulang meja kerja juga menjadi point berikutnya. Tidak perlu mengganti semua perabot yang ada, tapi cukup dengan mengubah beberapa hal kecil sudah bisa meningkatkan mood kerja kamu.
Berikut ini tips menata meja kerja agar lebih nyaman yang bisa kamu lakukan.
Baca juga : 3 Tips WFH Bersama Teman Kost
1. Tambahkan tanaman hias
Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan beberapa hiasan menarik di atas meja kerja, seperti tanaman hias. Selain mempercantik ruangan, tanaman juga bisa membantu melancarkan sirkulasi udara di ruang kerja.
Kalau tidak mau repot, kamu bisa memilih tanaman hias atau artifisial yang cantik untuk meminimalisir perawatan. Misalnya, tanaman lidah buaya, bonsai, lidah mertua, ataupun lainnya.
2. Rapikan alat tulis di atas meja
Meja kerja yang berantakan bisa mengurangi produktivitas dan fokus saat mengerjakan sesuatu, serta membuat kamu jadi lebih stres. Jadi, pastikan untuk rutin merapikan seluruh peralatan di atas meja.
Pertama-tama, kosongkan semua barang dari meja kerja. Kemudian, pilih kembali barang berdasarkan jenis dan fungsinya. Bila ada barang yang sudah tidak terpakai, kamu bisa langsung membuangnya.
3. Bersihkan meja kerja
Salah satu kunci agar meja selalu terlihat rapi adalah rutin membersihkan dan menempatkan barang kembali ke tempatnya. Kebiasaan sederhana ini akan meminimalisir kemungkinan barang hilang dan tercecer.
Baca juga : 3 Tips Atasi Rasa Kesepian di Kantor
Selain itu, pastikan kamu selalu menggulung kembali kabel agar tampilan meja tetap enak dilihat. Mulai dari, kabel komputer, charger laptop, mouse, dan kabel lainnya. Pastikan juga kamu membersihkan meja kerja dari kotoran debu yang menumpuk. Jadinya, meja kerja pun tetap terlihat lebih apik.
4. Gunakan pencahayaan yang tepat
Pencahayaan di suatu ruangan bisa memengaruhi semangat kerja seseorang. Pasalnya, lampu yang terlalu redup atau terang, bisa menyebabkan mata menjadi lebih cepat lelah.
5. Sediakan botol minum di meja
Asupan air putih juga bisa meningkatkan produktivitas kerja. Faktanya, tubuh yang dehidrasi akan menyulitkan kamu untuk menangkap sinyal. Alhasil, kamu akan lebih mudah lelah dan ngantuk.
Jadi, jangan ragu untuk menyiapkan botol 2 liter di meja kerja atau minimal asupan 10 gelas air per hari, ya.
Nah, diatas tadi adalah tips ampuh untuk menata meja kerja agar menjadi lebih nyaman saat bekerja. Semoga trik sederhana ini membantu kamu terhindari dari berbagai distraksi dan membuat kinerja kerja jadi semakin baik.
Apabila menyukai artikel ini bisa kamu bagikan, serta jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga : 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula