- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas
siker.id - Pernahkan pendapatmu selama ini tidak didengar oleh rekan kerja baik saat kerja maupun saat sedang rapat? Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara agar pendapatmu tetap didengar oleh rekan kerja dengan baik. Tips-tips ini memang perlu dimulai dari diri sendiri. Kamu sendiri harus percaya diri dan yakin dengan opini yang ingin disampaikan. Jika terus dipraktikkan, orang-orang di sekitar pasti mendengarkan pendapatmu. Berikut tips agar pendapatmu bisa dihargai. Berikut ulasannya!
Baca juga: 3 Tips Ide Hadiah Lebaran untuk Rekan Kerja
Percaya diri
Jika diundang ke suatu rapat, itu artinya orang-orang mengharapkan kehadiranmu. Mereka berharap kamu bisa berkontribusi terhadap topik atau masalah yang akan dibahas. Oleh karena itu, tanamkan di pikiranmu bahwa kamu berharga. Kamu hadir dalam rapat tersebut bukan hanya untuk mendengarkan, melainkan berkontribusi. Hal itu akan meningkatkan rasa percaya dirimu.
Lebih awal, lebih baik
Pernahkah kamu berada di situasi ketika harus berpendapat, tetapi pendapatmu sudah disampaikan oleh orang lain? Nah, jangan sampai hal tersebut terjadi berulang kali.Biasanya, kondisi itu terjadi ketika kamu tidak berani menyampaikan pendapat di awal rapat. Kamu terus menunda untuk berbicara hingga akhirnya pendapat tersebut diungkapkan orang lain. Oleh karena itu, usahakan kamu menyampaikan pendapat di awal rapat, ya. Tips ini terbilang ampuh agar sebuah pendapat dihargai.
Baca juga: 3 Alasan Berhenti Bersikap Tidak Enak pada Rekan Kerja
Dengarkan pendapat orang lain
Jika ingin dihargai, hargailah orang lain terlebih dahulu. Begitu pula ketika menyampaikan pendapat. Jika ingin pendapatmu didengarkan, dengarkanlah opini orang lain terlebih dahulu. Sebab, rapat tidak bisa hanya diisi oleh orang-orang yang berbicara. Setiap orang harus mendengarkan pendapat satu sama lain. Hal itu akan memunculkan respect antarpeserta. Jika kamu mendengarkan orang lain, mereka tidak akan ragu untuk menyimak pendapatmu hingga akhir.
Sekian artikel tentang tips pendapatmu bisa didengar rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 3 Tanda Kamu Bersaing dengan Rekan Kerja
Editor: -
Komentar
- Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Cari Muka?
- Berikut Tips Mengatasi Grogi di Depan Rekan Kerja
- Bagaimana Cara Membangun Networking Yang Baik?
- Berikut tips Membangun Komunikasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Menyindir
- Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu
- Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja
- Bagaimana Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja?
- Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas