- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
siker.id - Diskusi adalah salah satu cara untuk menampung aspirasi serta menemukan solusi dari sebuah permasalahan yang ada. Diskusi bisa dilakukan dalam sebuah forum resmi atau hanya dalam konteks obrolan ringan sehari-hari. Diskusi yang kurang baik bisa-bisa hanya memicu kemarahan pesertanya tanpa bisa mencapai kesepakatan bersama. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu bisa mengikuti tips-tips bijak berikut ini. Dijamin, suasana diskusimu akan jauh lebih menyenangkan.
Baca juga: 4 Etika Dalam Diskusi Serius di Tempat Kerja
Mendengarkan pendapat lawan bicara dengan saksama
Dalam diskusi yang baik, setiap pihak memiliki waktu masing-masing untuk menyampaikan pendapat. Jadi ketika giliran lawan bicaramu berpendapat, kamu harus mendengarkan kata-kata mereka dengan saksama. Bahkan, kamu bisa mencatat poin-poin penting dari pendapat mereka jika perlu. Cara ini bisa mencegah kamu untuk mengulang topik yang sebenarnya sudah disebutkan lawan bicaramu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tanggapan terhadap pendapat mereka.
Jangan memotong pembicaraan orang lain
Diskusi di layar pertelevisian sering memperlihatkan obrolan yang penuh emosi dan cenderung memotong ucapan satu sama lain. Ini adalah contoh diskusi yang kurang baik. Memotong pembicaraan orang akan membuat sesi diskusi kurang enak untuk didengarkan. Biasakan untuk menghargai kesempatan lawan bicaramu. Meski kamu tidak setuju dengan pendapat mereka, kamu harus bersabar menunggu kesempatanmu berbicara tiba. Jika dirasa kamu perlu sekali memotong ucapan mereka, kamu bisa mengangkat tangan dan menunggu lawan bicaramu mengizinkan kamu berbicara.
Coba melihat suatu topik dari berbagai aspek
Diskusi tidak selalu berjalan mulus sampai akhir. Tak jarang karena rumitnya suatu masalah, pendapat-pendapat kamu belum menemukan titik terang. Jika sudah begini, kamu bisa coba membahasnya dari aspek lain ataupun meminta pendapat orang-orang dengan latar belakang berbeda. Hal ini akan membuat topik bahasan diskusi lebih menarik dan menyeluruh. Dan siapa tahu, salah satu pendapat mereka bisa memunculkan solusi terbaik untuk semua.
Sekian artikel tentang tips melakukan diskusi ala orang bijak. bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Beberapa Kebiasaan Buruk yang Bisa Dihindari saat Rapat
Editor: -
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan