- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
siker.id - Endorse adalah strategi yang banyak dipakai perusahaan besar dalam memasarkan produknya. Biasanya perusahaan ini memakai public figure dalam memasarkan produk atau brandnya. Menurut warc.com, salah satu alasan mendasar endorse menggunakan selebriti atau tokoh terkemuka adalah untuk mentransfer nilai-nilai yang dimiliki mereka kepada brand. Dengan dukungan tersebut, perusahaan berharap dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Strategi endorse ini juga dapat mengurangi ancaman perusahaan dengan membantu menciptakan dan mempertahankan perhatian konsumen terhadap suatu brand. Lalu apa yang menjadi pertimbangan mendasar sebelum memakai startegi ini? Berikut ulasannya!
Jumlah pengikut
Jumlah pengikut atau followers seringkali menjadi hal pertama yang dipertimbangkan oleh pemilik usaha sebelum mempromosikan produknya dengan sistem endorse. Semakin banyak pengikutnya, kemungkinan besar akan semakin tinggi juga jangkauan pasarnya.
Engagement rate
Selain jumlah pengikut, engagement rate atau tingkat interaksi dengan follower juga mempengaruhi keberhasilan strategi endorse. Tingkat interaksi dinyatakan dalam bentuk persentase dengan menghitung jumlah followers yang aktif berinteraksi dibandingkan dengan total jumlah followers.
Harga
Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha adalah harga karena setiap figur publik memiliki rate card yang berbeda-beda. Bisanya, mereka yang memiliki engagement rate tinggi akan memasang harga yang lebih tinggi juga. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan kembali dengan anggaran dan target yang ingin dicapai.
Baca juga: 4 Cara Membuat Video Marketing yang Menarik
Sosok representatif
Pemilik usaha perlu memilih sosok yang dapat mewakili produk atau layanan yang akan dipromosikan. Misalnya, ketika akan mempromosikan mainan, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih figur publik seorang ibu muda yang sudah memiliki anak. Setiap figur publik memiliki pangsa pasarnya masing-masing sehingga kamu perlu memperhatikan demografi para pengikutnya.
Sekian artikel tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai strategi pemasaran endorse. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: 4 Penerapan AIDA Marketing dalam Periklanan
Editor: -
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing