- Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini
- Begini Tugas Wajib Staff Pajak, Cek Yuk !
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?
- Apa Tugas Video Editor Dalam Perusahaan Media?
- Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan
- Berikut Ini Definisi dan Tugas Staf Administrasi
- Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan
siker.id - Di zaman digital saat ini, Content Writer atau penulis konten menjadi salah satu profesi yang dicari banyak perusahaan untuk membesarkan platform mereka. Ini disebabkan bergesernya media pemberitaan dan pemasaran dari bentuk elektronik ke digital. Menjadi Content Writer ternyata tidak semudah seperti yang dibayangkan. Content Writer memerlukan skill yang mumpuni dan harus memahami betul tugas-tugas utamanya. Apa saja sih tugas dan tanggung jawab seorang content writer? Berikut pembahasannya.
Baca juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan
Pengertian Content Writer
Content writer berasal dari bahasa Inggris yang berarti penulis konten. Umumnya penulis konten ini berkaitan dengan penulisan konten pada situs website sampai dengan portal berita. Setiap situs web memiliki target audiens yang spesifik dan membutuhkan konten yang paling relevan untuk menarik bisnis. Secara umum, content writer dapat disebut juga sebagai penulis konten profesional yang hasil tulisanya dipublikasikan ke Internet. Konten yang ditulis dan dipublikasikan biasanya berisi tentang hal-hal yang menarik dengan tema tertentu di media online dalam bentuk artikel, blog, kiriman sosial media, atau apapun yang ditulis dan dipublikasikan secara online.
Tugas Content Writer
Sama seperti profesi lainnya, seorang penulis konten juga mempunyai banyak tugas yang harus dipenuhi. Tugas content writer tentu tidak terlepas dari menulis konten. Namun, lebih dari itu, ada beberapa tugas penulis konten lainnya yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.
1. Melakukan Riset
Riset adalah hal yang wajib dilakukan oleh semua penulis. Sebelum menulis sebuah konten, terlebih dahulu penulis melakukan riset mendalam terkait topik yang diangkat. Selain itu, riset juga bertujuan untuk menghindari konten plagiasi dan miss informasi. Bagi Anda yang bertugas untuk menulis konten berita, maka sebaiknya cari referensi dari sudut pandang lain agar konten yang dibuat tetap netral.
2. Menulis, Mengelola, serta Mendistribusikan Konten
Selain menulis, seorang penulis konten juga memiliki tugas mengelola dan mengatur waktu yang tepat untuk penayangan sebuah konten. Bagi penulis yang menulis di website, maka ia juga bertugas untuk menerbitkan, mengatur tanggal, hingga memastikan jika kualitas konten sudah sesuai dengan standar SEO.
3. Paham tentang SEO
SEO menjadi hal mendasar yang wajib dipahami oleh setiap penulis konten. Hal ini karena SEO dibutuhkan saat akan menulis konten untuk keperluan website. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia penulisan, Anda diwajibkan untuk memahami dasar-dasar SEO.
Baca juga: Begini Tugas Utama Seorang General Affair, Simak Yuk
4. Melakukan Editing Konten
Meski beberapa perusahaan menyediakan editor, namun kebanyakan penulis yang bekerja di start-up dan agency biasanya dituntut untuk menyunting tulisannya secara mandiri. Maka dari itu, mempunyai kemampuan editorial yang baik adalah tugas seorang content writer.
5. Mengelola Konten Media Sosial
Meski sebenarnya tugas ini menjadi tanggung jawab social media specialist, namun beberapa perusahaan justru memberikan tugas ini kepada content writer. Oleh karena itu, alangkah baiknya seorang penulis konten mampu untuk mengelola konten media sosial supaya bisa mengolah data secara spesifik sesuai dengan topiknya.
Skill dan Kemampuan yang Harus Dimiliki Content Writer
SEO
Content writer harus tahu apa yang dimaksud dengan kriteria konten yang SEO-Friendly. Content writer harus jeli dan selalu update dengan perkembangan SEO ini.
Mempunyai Kemampuan Menulis yang Mumpuni
Tidak bisa dipungkiri, tidak semua orang bisa jadi penulis yang baik dan benar. Skill menulis harus dipelajari, termasuk memahami format penulisan yang sesuai kaedah yang berlaku.
Keingintahuan yang Besar
Sebelum menulis satu tulisan, penulis harus punya kemauan buat menggali informasi dari berbagai tempat untuk mendapatkan data serta informasi yang bisa dipercaya. Melakukan Riset ini merupakan skill yang sangat wajib dimiliki content writer.
Membaca Target Pembaca
Content writer juga harus memiliki kemampuan membaca target pembaca, skill ini sangat penting dalam penulisan. Cara dan gaya penulisan kita harus disesuaikan dengan target pembaca.
Memahami Apa yang Diinginkan Pembaca.
Nah, untuk yang satu, content writer emang harus update terus mengenai informasi yang sedang ramai di kalangan masyarakat, baik di dalam dan luar negri.
Sekian artikel tentang pengertian dan tugas content writter. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan
Komentar
- Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini
- Begini Tugas Wajib Staff Pajak, Cek Yuk !
- Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
- Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
- Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
- Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?
- Apa Tugas Video Editor Dalam Perusahaan Media?
- Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan
- Berikut Ini Definisi dan Tugas Staf Administrasi
- Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan