- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya
siker.id - Lingkungan kerja di kantor bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan yang lainnya.Karyawan menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja.Tak hanya beban kerja, budaya dan rekan kerja pun ikut mempengaruhi kepuasan dan kenyamanan di tempat kerja. Oleh karena itu, kualitas lingkungan kerja merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memilih tempat kerja.
Ada kalanya dunia usaha tak bisa ditebak. Perusahaan yang tampak besar, sudah punya nama, karyawannya ribuan, bisa saja gulung tikar. Bisa karena faktor luar, misalnya kondisi pandemik saat ini yang membuat situasi bisnis jadi lesu, atau bisa pula disebabkan faktor internal, yakni manajemennya yang kurang bagus.
Baca juga: Bagaimana Caranya Bisa Bekerja Sama Dengan Rekan Kerja?
Untuk mengetahui perusahaan tempatmu bekerja baik-baik saja, atau sudah menunjukkan gejala tak sehat lagi, di bawah ini ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan. Apa saja?
1. Proses cuti dipersulit
Ciri lain perusahaan sedang dalam keadaan gak sehat adalah sulitnya proses cuti. Hal ini disebabkan kehadiran karyawan begitu diperlukan untuk mengatasi berbagai beban kerja akibat situasi perusahaan yang sedang tidak kondusif.
Sulitnya proses cuti juga bisa dikarenakan semakin sedikitnya jumlah karyawan akibat pemecatan, sehingga beban kerja yang dulunya dua orang harus dikerjakan satu orang saja. Kebayang, kan kalau ada yang mengajukan cuti? Bakal semakin semrawut.
2. Birokrasi yang rumit
Birokrasi yang berbelit-belit merupakan pertanda perusahaan Anda memiliki lingkungan kerja yang buruk. Ini bisa terlihat saat suatu permintaan atau keputusan berlangsung dalam waktu yang lama dan proses persetujuannya terus dioper ke orang yang berbeda. Birokrasi yang rumit menunjukkan perusahaan tidak menjunjung efisiensi dan produktivitas.
3. Atasan sering marah-marah
Kondisi perusahaan yang sedang tidak baik-baik saja, pastilah akan memberi tekanan pada pihak manajemen. Bagaimana caranya supaya mereka mampu keluar dari situasi sulit. Situasi stres inilah yang menyebabkan atasan jadi sering marah-marah.
Jika menemukan situasi di atas, ada baiknya jika kamu melakukan rencana cadangan. Mumpung kamu statusnya masih sebagai karyawan, artinya posisi tawarmu di bursa kerja lebih tinggi, dibanding pengangguran.
Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Jurnalistik, Baca Ini
4. Permasalahan finansial
Pembayaran gaji yang tidak tepat pada waktunya merupakan tanda yang paling mudah disadari bahwa sebuah perusahaan sedang bermasalah. Jika itu terjadi pada perusahaan kamu, sebaiknya tanyakan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Pada dasarnya, setiap perusahaan akan melakukan segala cara untuk membayar karyawannya terlebih dahulu. Baru kemudian membayar tagihan-tagihan lainnya.Jadi jika pembayaranmu terlambat atau bahkan tidak dibayar, ketahuilah bahwa situasi keuangan perusahaan kamu cukup mengerikan.
Selain masalah pembayaran gaji yang terlambat, kamu juga harus curiga jika sulit mendapatkan kenaikan gaji. Bila kamu merasa sudah bekerja sebaik mungkin dan perusahaan tak kunjung menaikkan gaji, itu juga bisa jadi merupakan tanda bahwa perusahaan akan bangkrut. Perusahaan yang sehat secara finansial tentu akan menyejahterakan karyawannya sesuai dengan dedikasi yang telah diberikan oleh karyawan tersebut.
5. Gaya kepemimpinan mikromanajemen
Yang dimaksud dari gaya kepemimpinan mikromanajemen adalah saat atasan mendominasi pekerjanya dan suka mengambil keputusan sendiri. Gaya kepemimpinan ini juga mengandalkan ketakutan dan intimidasi sebagai bentuk kontrol. Pada akhirnya, gaya kepemimpinan seperti ini membuat tim tidak termotivasi dan menghambat kreativitas.
6. Visi misi yang semakin tidak jelas
Hal terakhir yang bisa menjadi tanda perusahaan akan bangkrut adalah visi atau misi yang semakin tidak jelas. Jika apa yang harus kamu kerjakan semakin tidak jelas arahnya, kamu berhak meminta penjelasan kepada atasan. Sebab, hal tersebut bisa menjadi tanda-tanda perusahaan tidak sehat atau akan bangkrut. Karyawan tentu membutuhkan arahan tugas yang jelas supaya dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
Itulah beberapa tanda perusahaan tidak sehat. Jika bisa memprediksinya, kamu bisa menyiapkan rencana cadangan dan mulai mencari pekerjaan baru dari jauh-jauh hari. Sambil tetap berikan performa yang baik pada perusahaan sekarang, cobalah untuk mencari lowongan pekerjaan di perusahaan lain. Hanya sebagai ancang-ancang jika perusahaan saat ini tak juga membaik, kondisi keuangan keluargamu gak akan ketar-ketir karena terkena PHK.
Komentar
- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya