icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Menangani Keluhan Pelanggan
Siker.id | 24 Aug 2022 16:10


Bagikan ke
Tips menangani keluhan pelanggan (siker)

siker.idComplaint atau keluhan dari para pelanggan bisnis biasa terjadi pada jenis bisnis apapun. Tugas dari perusahaan bisnis tersebut adalah bagaimana menangani keluhan tersebut dengan baik. Hendaknya, perusahaan memposisikan dirinya sebagai “teman” dari para pelanggan tersebut agar pelanggan merasa bahwa keluhannya dapat didengarkan dan tersampaikan kepada perusahaan tersebut.

Perlu diingat, semakin cepat permasalahan pelanggan diselesaikan, maka juga akan semakin puas pelanggan kepada pelayanan perusahaan. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, para pelanggan akan mulai meninggalkan perusahaan dan beralih ke perusahaan lain yang mungkin menawarkan pelayanan dan produk yang lebih baik.

Untuk itu, terdapat beberapa tips di bawah ini yang dapat kamu gunakan untuk menangani keluhan pelanggan dengan baik sehingga pelanggan dapat merasa puas. Simak di bawah ini!

Baca Juga: 4 Cara Mempertahankan Pelanggan Bisnismu!

Petakan Masalah Keluhan Pelanggan

Tips pertama adalah memtakan masalah keluhan pelanggan. Begitu mendengarkan keluhan yang disampaikan pelanggan, kamu harus bisa memahami dengan baik masalah apa yang sebetulnya dihadapi. Setelah itu, lakukan analisis secara cepat, apakah sebelumnya kamu juga pernah mendapat keluhan serupa atau belum?

Tanggap Menangani Keluhan

Pahamilah bahwa isu negatif lebih mudah menyebar dibandingkan berita positif. Karena itu, merespon komplain dengan cepat bisa menghambat penyebaran isu negatif mengenai citra usaha kamu.

Untuk menanggapi isu ini, kamu bisa memberikan layanan customer service atau dengan menggunakan admin media sosial yang cepat dan tanggap serta transparan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Memperoleh Banyak Pelanggan Bisnismu!

Tunjukkan Rasa Empati

Tips ketiga adalah bagaimana menunjukkan empatimu kepada pelangganmu. Kamu perlu menunjukkan rasa empatimu kepada pelanggan. Berpikirlah jika apa yang dialami pelanggan juga dialami atau menimpa kamu.

Dengan cara seperti ini, tentu kamu jadi bisa berempati dan berpikir apa yang pelanggan rasakan. Sehingga kamu tahu bagaimana harus menangani komplain dengan empati dan memberikan komunikasi yang baik.

Memberikan Solusi Tepat dan Cepat

Tidak hanya dengan meminta maaf, kamu juga harus segera memberikan solusi sesuai dengan keluhan yang diajukan. Jelaskan solusi tersebut secara jelas pada pelanggan, lalu tanyakan apakah solusi yang diberikan sudah menyelesaikan permasalahannya.

Nah, itu tadi 4 Tips Menangani Keluhan Pelanggan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar