- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Berikut Perbedaan CV dan PT, Baca ini
- Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
- Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Cara Ini !
- Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate, Selengkapnya
- Simak ! Konflik yang Biasanya Terjadi di Suatu Perusahaan
- Bagaimana Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja?
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
siker.id - Tempat kerja bisa menjadi sumber emosi negatif seperti stres dan rasa cemas yang kamu alami. Terkadang, bahkan emosi tersebut tumpah di kantor karena sudah tak terbendung lagi. Padahal, ada cara mengendalikan emosi yang dapat kamu terapkan di tempat kerja, lho.
Salah satu situasi penting yang perlu pengendalian emosi adalah ketika sedang bekerja. Sebab, ternyata profesionalisme seseorang dapat diukur dari caranya mengendalikan emosi di tempat kerja. Terlebih lagi, situasi atau bahkan rekan kerja dapat memicu peningkatan emosi dalam diri Anda saat berada di kantor.
Dihadapkan pada kondisi tersebut, mengelola emosi negatif dalam diri merupakan hal yang sangat penting khususnya dalam membina hubungan kerja. Anda dituntut untuk tetap bisa menguasai emosi dan bekerja dengan baik.Jika tidak begitu, emosi akan menguasai diri Anda dan mengganggu produktivitas di kantor.
Berikut beberapa trik agar Anda tak cepat emosi saat sedang bekerja dikantor
1. Tahan menerima kritik
Kritik memang tak pernah nyaman didengar. Tapi orang yang cerdas mengelola emosinya di kantor akan tetap nyaman dan menerima berbagai kritik dengan baik.
Dia tidak akan mudah tersinggung dan menggunakan kritik tersebut sebagai cambuk untuk bekerja lebih baik.
2. Hargai rekan kerja
Perlakukanlah rekan kerjamu sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Jangan menjadi orang yang kasar jika kamu tidak ingin diperlakukan kasar. Jadi, selalu berusahalah menjaga emosi dengan mengingat respekmu untuk kolega di kantor.
JIka kamu merasa rekan kerjamu memicu emosi, cobalah untuk mempraktikan cara mengatasi rekan kerja yang menyebalkan.
3. Belajar mencari solusi
Jika Anda ingin berhasil meningkatkan kecerdasan emosi di kantor, belajarlah untuk menuntaskan masalah secara efektif. Dibandingkan mengumbar emosi, lebih baik Anda memikirkan sejumlah tahap yang dapat membantu terselesainya pekerjaan di kantor.
4. Jauhi situasi yang jadi pemicu
Ketika kamu merasakan kemunculan emosi negatif di dalam suatu situasi, sebaiknya jauhi dan hindarilah situasi tersebut. Jaga pikiranmu tetap tenang, dan jangan terpancing emosi yang tidak perlu.
Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !
5. Alihkan pikiran dengan berolahraga
Olahraga menjadi salah satu cara untuk mengalihkan pikiran terbaik agar tidak terlalu berlarut dalam emosi negatif. Terlebih olahraga menghasilkan endorfin yang mampu membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia.
Pikiran bahagia akan menghilangkan emosi negatif yang sebelumnya menguasai diri. Sehingga emosi kamu yang sebelumnya merajalela akan secara perlahan mereda.
itulah beberapa cara mengendalikan emosi di tempat kerja yang dapat kamu terapkan. Selain hal di atas, kamu juga dapat membantu proses pengendalian emosi dengan meluapkannya di luar tempat kerja. Misalnya, berolahraga atau berlibur dapat membantu menjernihkan pikiran, dan mengendalikan emosimu.
Baca juga: Berikut Ini Tips Dalam Meminta Izin Cuti
Komentar
- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Berikut Perbedaan CV dan PT, Baca ini
- Simak ! Tujuan Melakukan Assesment Menurut Para Ahli
- Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Cara Ini !
- Keunggulan yang Dimiliki Fresh Graduate, Selengkapnya
- Simak ! Konflik yang Biasanya Terjadi di Suatu Perusahaan
- Bagaimana Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja?
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!