- Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan
- Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya
- Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini
- 3 Rekomendasi Film Pembelajaran Manajemen Tim
- 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
- 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!
- Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!
siker.id – Perusahaan tentu memiliki banyak informasi yang dapat digunakan untuk kepentingan perusahaan. Untuk itu, perusahaan memerlukan suatu tata kelola yang baik. Tata kelola tersebut dinamakan dengan manajemen informasi.
Manajemen informasi atau information management merupakan pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan pemeliharaan data dan jenis informasi lainnya. Ini melibatkan pengumpulan, penyebaran, pengarsipan dan penghancuran informasi dalam segala bentuknya.
Lantas, mengapa manajemen informasi ini begitu penting? Simak penjelasannya di bawah ini!
Baca Juga: Pahami 5 Peran Teknologi Informasi untuk Bisnis Ini!
Memastikan Kepatuhan terhadap Peraturan
Banyak organisasi harus bekerja dalam peraturan tentang bagaimana mereka menangani data klien dan bisnis. Sistem information management yang efektif memberikan pedoman yang menegakkan kepatuhan terhadap undang-undang dan peraturan, yang memungkinkan perusahaan untuk menghindari hukuman hukum dan keuangan yang dapat diakibatkan oleh pelanggaran yang tidak disengaja.
Mengadopsi Teknologi Baru
Manajemen informasi menyediakan kemampuan untuk mengadopsi teknologi yang lebih baru dan lebih efisien untuk mengelola informasi. Ini bisa berupa otomatisasi, solusi perusahaan, kecerdasan buatan, atau produk atau layanan teknologi apa pun yang akan membantu perusahaan memperoleh lebih banyak manfaat dari informasinya.
Baca Juga: 4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Kamu Ketahui!
Mengurangi Risiko
Kegunaan yang penting dari manajemen informasi ini ialah untuk mengurangi risiko hukuman hukum dan keuangan terhadap organisasi. Ini mencapai ini dengan protokol yang terdefinisi dengan baik untuk merekam, menyimpan, menyebarkan dan menghancurkan data. Ini mengurangi kemungkinan pelanggaran dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan.
Mengontrol Pembuatan Catatan
Manajemen informasi yang efektif dapat membantu organisasi mengontrol pembuatan dan pertumbuhan arsip. Tanpa strategi yang pasti untuk membuat dan merekam informasi, tempat kerja dapat menghasilkan catatan kertas dan tanpa kertas yang berlebihan.
Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi
Suatu manajemen informasi juga dapat meningkatkan cara karyawan menyimpan dan mengambil informasi yang diperlukan selama aktivitas sehari-hari mereka. Ini juga dapat mempermudah penyebaran informasi ke berbagai penerima melalui berbagai saluran, memungkinkan tim untuk berkolaborasi dan berkomunikasi dengan mudah melintasi zona waktu dan lokasi.
Nah, itu tadi 5 Alasan Manajemen Informasi Penting Dilakukan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi
Editor: -
Komentar
- Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan
- Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya
- Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini
- 3 Rekomendasi Film Pembelajaran Manajemen Tim
- 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Macam Sistem Informasi Manajemen
- 4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
- 8 Prinsip Manajemen Mutu untuk Kamu Ketahui!
- Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!