- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
siker.id – Dalam dunia pemasaran, strategi untuk menjangkau pasar lebih luas kini telah banyak bermunculan. Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi content marketing. Apa itu content marketing?
Menurut Neil Patel, content marketing merupakan sebuah strategi jangka panjang yang berfokus pada membangun hubungan yang kuat dengan audiens target. Caranya adalah dengan memberikan konten berkualitas tinggi yang relevan dan memiliki kedekatan emosi bagi mereka secara konsisten.
Nah, terus bagaimana cara membuat content marketing yang baik agar bisnis dapat memperoleh konsumen atau pelanggan lebih luas lagi? Simak caranya di bawah ini!
Kenali Target Audiensmu
Hal pertama dan paling penting dalam membuat strategi konten marketing yang perlu kamu lakukan yaitu mengetahui target audiens. Kalau kamu tidak tahu audiens mana yang ingin ditargetkan, maka konten kamu tidak akan tersampaikan dengan baik ke mereka, lho!
Setiap produk atau layanan pasti memiliki target audiens yang berbeda. Ketahui target mulai dari usia, jenis kelamin, status pekerjaan, kebutuhan, minat, dan lainnya. Setelah itu, lakukan riset atau survei mengenai kebutuhan yang mereka hadapi.
Tentukan Topik
Selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menentukan topik konten. Pastikan topik yang kamu ambil didasarkan pada user persona yang kamu miliki. User persona ini merupakan gambaran seperti apa target audiens kamu, apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka sukai, bagaimana perilaku mereka, dan lainnya.
Buat Konten Berkualitas
Hal utama yang harus dilakukan adalah membuat konten yang berkualitas. Pastinya, konten yang dibuat haruslah berkualitas agar mampu meningkatkan performa bisnis. Dalam membuat konten, pertimbangkan unsur promosi yang tetap mengedukasi pelanggan. Dengan begitu konten yang kamu buat akan lebih berkualitas dan menarik perhatian mereka.
Mengubah Konten ke Penjualan
Yang menjadi pertanyaan selanjutnya setelah membuat konten ialah bagaimana cara mengkonversikan konten menjadi penjualan? Nah, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengarahkan konten ke halaman toko online-mu. Bisa halaman promo, halaman produk tertentu, dan sebagainya. Cara lain adalah dengan memasang ads di media sosial untuk menarik pelanggan potensial.
Evaluasi Konten
Tahapan penting yang tidak boleh adalah dengan melakukan evaluasi konten. Melalui evaluasi ini, kamu akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, atau dipertahankan. Hal tersebut juga berlaku dalam konten marketing.
Nah, kamu bisa mencari tahu apakah konten yang kamu produksi memberikan dampak positif pada bisnis, bagian mana saja yang perlu diperbaiki dari konten tersebut, dan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.
Nah, itu tadi 5 Strategi Membuat Content Marketing yang Elegan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: 5 Trend Content Marketing yang Naik di 2022
Editor: -
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing