- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Anda Lulusan Prodi Sosiologi? Simak Peluang Kerjanya
- Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa
- Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?
- 4 Tugas Utama HRD Generalist
- Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff
- 3 Tantangan Terbesar Menjadi Seorang Specialist
- 4 Tugas Talent Acquisition
- Pahami Jenis Training Ini!
- Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!
siker.id – Perusahaan tentu memiliki bidang HR (Human Resources) untuk mengurus sumber daya manusia perusahaan. Salah satu bidang yang ada di dalamnya adalah training & development. Pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan ini disebut dengan training & development specialist yang mana bertanggung jawab untuk membuat, mengelola, dan memberikan program pelatihan khusus atas nama sebuah bisnis dan organisasi.
Training & development juga mengacu pada kegiatan pendidikan dalam perusahaan yang dibuat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan sambil memberikan informasi dan instruksi tentang cara melakukan tugas tertentu dengan lebih baik.
Lantas, apa saja tugas dari training & development specialist ini? Berikut penjelasannya!
Baca Juga: Pahami Jenis Training Ini!
Membuat & Menyiapkan Materi Pelatihan
Tugas pertama adalah membuat dan menyiapkan materi pelatihan. Training & development specialist bertugas untuk menyiapkan materi pelatihan. Mereka harus merancang dan membuat materi menggunakan teknik pengajaran yang sejalan dengan strategi pengembangan karyawan. Selain itu, mereka juga bertugas untuk memilih dan menetapkan instruktur program pelatihan.
Melakukan Evaluasi Pelatihan
Tugas selanjutnya melakukan evaluasi pelatihan. Dalam melakukan evaluasi pelatihan, spesialis harus bekerja sama dengan anggota bagian tim lain untuk mempersiapkan hal yang dibutuhkan.
Ingatlah untuk mendapatkan umpan balik dari peserta pelatihan mengenai pelatihan yang mereka jalani. Training & development specialist juga bisa melihat antusias peserta saat pelatihan terjadi.
Spesialis juga perlu melakukan evaluasi pelatihan dengan menjadikan indikator kenaikan produktivitas, peningkatan laba, penurunan biaya, penurunan tingkat kesalahan, peningkatan kualitas, dan penurunan keluhan peserta.
Baca Juga: Berikut 5 Manfaat Mengikuti Training Kerja
Mengelola Operasional Pelatihan
Tugas selanjutnya adalah mengelola operasional pelatihan. Seorang training & development specialist juga bertanggung jawab untuk mengelola anggaran biaya pelatihan dan pengeluaran, penjadwalan kelas, mengatur sistem dan alat yang digunakan, mengkoordinasi pendaftaran pelatihan, mengevaluasi program pelatihan, dan memesan tempat sesuai kebutuhan.
Nah, itu tadi 3 Tugas Training & Development Specialist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Editor: -
Komentar
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Anda Lulusan Prodi Sosiologi? Simak Peluang Kerjanya
- Tips Tidak Dikejar Deadline Bagi Mahasiswa
- Apa Saja Sih Tugas Seorang Mekanik Mobil?
- 4 Tugas Utama HRD Generalist
- Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff
- 3 Tantangan Terbesar Menjadi Seorang Specialist
- 4 Tugas Talent Acquisition
- Pahami Jenis Training Ini!
- Pahami 4 Tugas Seorang Chief Marketing Officer Ini!