- 4 Prinsip Kepemimpian yang Efektif dalam Dunia Kerja
- 5 Tipe Pegawai Di Kantor, Kamu Yang Mana?
- 3 Gaya Kepemimpinan di Tempat Kerja
- Ketahui 3 Tipe Jadwal Kerja Ini
- 3 Gaya Kepemimpinan yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja
- 4 Pertanyaan dan Jawaban seputar Kepemimpinan
- 4 Gaya Kerja Di Kantor, Kalau Kamu Tipe Yang Mana?
- 3 Tips Penerapan Gaya Kepemimpinan Otokratis
- Wajib Kamu Terapkan 5 Jenis Kepemimpinan Ini!
- Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!
siker.id - Secara umum, pemimpin yang hebat mempunyai kualitas yang patut untuk dijadikan panutan oleh karyawannya. Pemimpin yang hebat biasanya dapat menggabungkan karakteristik dari berbagai tipe kepemimpinan tersebut untuk memimpin perusahaannya secara efektif.
Pemimpin dalam dunia kerja memegang peran yang sangat penting, dikarenakan keberhasilan suatu tim secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh tipe kepemimpinan.
Baca Juga : 4 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik!
Nah, berikut ini akan dijelaskan tipe-tipe kepemimpinan buat kamu sobat siker.
1. Tipe Pemimpin Demokratis
Tipe kepemimpinan demokratis mengutamakan kontribusi orang-orang di lingkungan kerja. Pemimpin kemudian menentukan keputusan akhir, tapi ia akan mendelegasikan wewenangnya kepada orang lain.
Gaya demokrasi menjadi salah satu gaya kepemimpinan yang efektif dan memiliki sejumlah manfaat seperti mendorong kreativitas anggota tim, meningkatkan sense of belonging terhadap perusahaan, dan membentuk kerja sama yang solid antar anggotanya.
2. Tipe Pemimpin Otoriter
Tipe kepemimpinan otoriter merupakan salah satu yang paling kontroversial, tetapi juga yang paling efektif. Pemimpin mempunyai wewenang penuh untuk melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan.
Lingkungan kerja yang otoriter tidak memberikan keleluasaan kepada orang-orang yang bekerja di dalamnya. Akan tetapi, tipe kepemimpinan ini sangat berguna dalam situasi genting ketika keputusan harus diambil dengan cepat.
Baca Juga : 3 Manfaat Menjadi Seorang Pemimpin
3. Tipe Pemimpin Transaksional
Tipe kepemimpinan transaksional memiliki hubungan antara pemberi kerja dan karyawan bersifat transaksi. Maksudnya, ketika seorang karyawan menerima pekerjaan, dia setuju untuk mematuhi atasan dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, dan dia akan diberi kompensasi sebagai imbalan atas usahanya.
4. Tipe Pemimpin Situasional
Tipe pemimpin situasional merupakan kepemimpinan yang unik, sebab para pemimpin bertindak berdasarkan lingkungan kerja dan orang yang dihadapi. Teorinya mengatakan bahwa seorang pemimpin bisa berfungsi dengan optimal bila perannya sesuai dengan situasi kerja.
5. Tipe Pemimpin Delegatif
Tipe kepemimpinan delegatif memberikan wewenang bagi anggotanya untuk mengambil keputusan. Tipe kepemimpinan ini sangat berguna bila dijalankan oleh orang-orang berpengalaman.
Tipe kepemimpinan manakah yang mendekati tipe kamu sebagai seorang pemimpin sobat siker?
Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga : 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja
Editor: -
Komentar
- 4 Prinsip Kepemimpian yang Efektif dalam Dunia Kerja
- 5 Tipe Pegawai Di Kantor, Kamu Yang Mana?
- 3 Gaya Kepemimpinan di Tempat Kerja
- Ketahui 3 Tipe Jadwal Kerja Ini
- 3 Gaya Kepemimpinan yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja
- 4 Pertanyaan dan Jawaban seputar Kepemimpinan
- 4 Gaya Kerja Di Kantor, Kalau Kamu Tipe Yang Mana?
- 3 Tips Penerapan Gaya Kepemimpinan Otokratis
- Wajib Kamu Terapkan 5 Jenis Kepemimpinan Ini!
- Kamu Seorang Pengusaha? Kenali 6 Tipe Pembeli Ini!