- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
siker.id – Hari ini, metode marketing telah berkembang pesat termasuk perkembangan cara baru bagaimana memasarkan produk secara digital. Hal ini sering disebut dengan digital marketing. Apa itu digital marketing?
Definisi digital marketing sendiri adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.
Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.
Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.
Nah, lantas bagaimana manfaat menggunakan digital marketing ini? Begini penjelasannya, sobat siker!
Baca Juga: Begini 4 Strategi Marketing Communication yang Tepat!
Menjangkau Hampir Semua Pasar
Manfaat pertama adalah menjangkau hampir seluruh pasar. Seperti yang kamu tahu, dunia online tidak terbatas ruang dan waktu. Hampir 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital ini selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.
Digital marketing ini merupakan metode yang tepat karena kamu bisa menjangkau dan saling terhubung dengan pelanggan dari berbagai belahan dunia, kapan pun dan di mana pun.
Hasilnya, jasa atau produk yang kamu tawarkan menjadi selalu tersedia dan bisa dibeli oleh pelanggan kapan saja.
Meningkatkan Reputasi Brand
Manfaat kedua adalah dapat meningkatkan reputasi brand. Sudah pasti, dengan semakin banyaknya pengguna Internet dan platform online, kamu bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital. Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di Internet sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
Penargetan Pasar Lebih Sesuai
Manfaat selanjutnya adalah penargetan pasar yang lebih sesuai. Menggunakan berbagai tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, kamu bisa memperoleh data yang akurat tentang kebiasaan dan preferensi pengguna terkait segmen pasar tertentu, atau terkait produk dan jasa yang kamu tawarkan.
Dari sini, kamu pun bisa menyusun strategi yang paling sesuai untuk pasar yang kamu target sehingga penerapannya bisa lebih efektif.
Biaya Lebih Murah
Manfaat yang tak kalah penting adalah biaya yang lebih murah. Anggaran yang perlu dikeluarkan untuk pemasaran digital jauh lebih murah dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Kamu tidak perlu mencetak poster, atau membuang-buang dana untuk iklan yang tidak efektif atau bertarget.
Ada beberapa cara organik yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang cukup besar. Misalnya, kalau sudah punya website atau blog menggunakan WordPress, kamu bisa mencoba cara menaikkan ranking web di Google.
Nah, itu tadi 4 Manfaat Menggunakan Digital Marketing yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Editor: -
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing