icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Jadi Community Manager? Pahami Ini!
Siker.id | 18 Oct 2022 14:10


Bagikan ke
Community manager (siker)

siker.id – Peluang berkarir kini terbentang lebar bagi siapa saja. Kamu bisa merintis karir menjadi seorang community manager atau manajer komunitas. Apa itu community manager?

Dikutip dari ekrut.com, community manager atau biasanya disingkat CM ialah seseorang yang ahli dalam social networks sekaligus bertanggung jawab atas strategi digital.

Mereka adalah para profesional yang bekerja dalam departemen pemasaran digital, bertanggung jawab atas pengelolaan, dan pengembangan brand’s online community.

Selain itu, dilansir dari HubSpot, CM juga menjadi penghubung antara perusahaan dan audiensnya.

Tujuan dari jalinan hubungan ini ialah membangun brand dan kepercayaan dari customer atau calon customer.

Umumnya, CM menggunakan community support, distribusi konten, atau engagement digital lainnya. Hubungan juga bisa dibangun baik secara online maupun offline.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang CM, kamu harus mengetahui tanggung jawab dan skill yang dibutuhkan community manager. Berikut penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang System Manager

Tanggung Jawab Community Manager

Dilansir dari HubSpot, berikut beberapa tanggung jawab dari seorang community manager antara lain:

• Meningkatkan brand awareness pada audiens

• Mempelajari soal pelanggan, perilaku, karakteristik, ekspektasi, dan apa yang mereka butuhkan

• Meningkatkan interaksi customer, conversions, dan sales

• Membangun hubungan dengan audiens

• Mencari masukan atau umpan balik dari pelanggan melalui obrolan atau interaksi

• Memberi informasi dan dukungan untuk audiens, penggemar, dan customer

Baca Juga: 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager

Skill Seorang Community Manager

Bila kamu ingin berkarir pada bidang pekerjaan ini, kamu harus memiliki beberapa keterampilan di bawah ini:

Pengetahuan mengenai Brand Perusahaan

Menjadi community manager tentu harus paham mengenai brand dari perusahaan itu sendiri. Pasalnya, salah satu tanggung jawab dari community manager ialah menciptakan branding perusahaan di mata audiens.

Hal ini tentu bisa dilakukan apabila CM menguasai soal nilai brand perusahaan tempatnya bekerja.

Multitasking

Kemampuan multitasking diperlukan seorang community manager. Salah satu tools dari community manager adalah media sosial. Nah, media sosial yang digunakan oleh perusahaan biasanya tak hanya satu.

Kamu akan menangani berbagai media sosial di waktu yang sama. Dengan alasan ini, kamu butuh kemampuan multitasking.

Kemampuan Menilai

Salah satu skill yang perlu dikuasai adalah kemampuan dalam menilai.

Salah satu tanggung jawab community manager ialah memanfaatkan konten untuk membangun hubungan dengan customer.

Seorang CM yang baik wajib memahami kapan dan konten apa yang harus dikeluarkan oleh seorang perusahaan kepada audiens.

CM juga wajib tahu bagaimana harus menanggapi umpan balik dari customer.

Empati

Skill yang tak kalah penting adalah empati. Customer dan audiens tentu memiliki pola pikir dan cerita yang berbeda-beda. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana CM harus bersikap.

Maka dari itu, skill empati akan menjadi nilai plus apabila dimiliki oleh community manager.

Melalui empati, CM lebih mudah menentukan sikap dan tanggapan atas karakteristik audiens yang berbeda-beda.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan community manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 5 Skill Utama Seorang Account Manager


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar