icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Menjadi Social Media Strategist? Baca Ini!
Siker.id | 19 Oct 2022 17:00


Bagikan ke
Social media strategist (siker)

siker.id – Media sosial kini tidak hanya digunakan sebagai konsumsi sehari-hari, tetapi dapat menjadi ladang pendapatan, lho, sobat siker.

Ya, media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan YouTube bisa kamu manfaatkan untuk bekerja.

Bila kamu tertarik pada bidang media sosial ini, kamu bisa merintis karirmu menjadi seorang social media strategist. Apa itu social media strategist?

Dilansir dari We Are Social Media, social media strategist dapat dikatakan sebagai seseorang yang mampu menguasai segala pekerjaan yang dilakukan oleh anggota tim lainnya.

Pekerjaan seperti, menganalisis report, mencari ide baru, membuat campaign, bahkan berkolaborasi dengan tim lainnya dilakukan oleh social media strategist.

Menurut Marketing Schools, strategist banyak bekerja sama dengan pihak lain yang menjalankan social media marketing. Hal itu mulai dari social media specialist hingga pihak lain di bidang marketing.

Social media strategist sendiri harus memiliki keterampilan kreatif serta keterampilan analitik seperti perencanaan, copywriting, pengukuran data, pelaksanaan proyek, desain grafis, produksi video, dan layanan pelanggan.

Nah, bila kamu tertarik menjadi seorang social media strategist sebaiknya kamu mempelajari tugas dan kualifikasi yang dibutuhkan. Berikut penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Analyst

Tugas Social Media Strategist

Dilansir dari We Are Social Media, berikut beberapa tugas dari seorang strategist, antara lain:

• Menciptakan konten yang engaging

• Mempersiapkan report analisis

• Menemukan cara-cara baru untuk meningkatkan jumlah followers

• Menganalisis dan tracking hal-hal penting lainnya dari akun media sosial dengan menggunakan tools analisis

• Mengevaluasi dan melakukan action berdasarkan insight yang ada

• Mendorong tim untuk selalu memberikan ide-ide segar, memberi saran untuk konten dan juga feedback

• Melakukan sesi foto untuk brand atau produk

• Membuat content calendar baik mingguan atau bulanan

• Mengoptimasi akun media sosial untuk terlihat lebih menarik, seperti profile picture, deskripsi, dan call to action

• Menciptakan landing page untuk launching produk

• Mengarahkan traffic untuk mengunjungi website

• Mengimplementasi strategi terbaik untuk setiap platform media sosial

• Membuat strategi untuk meningkatkan subscriber dalam email

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Social Media Specialist

Syarat Social Media Strategist

Untuk menjadi seorang social media strategist, diperlukan beberapa kualifikasi antara lain:

Mempunyai Wawasan yang Baik

Menjadi seorang social media strategist diperlukan pemahaman dan pengetahuan yang baik. Pasalnya, ia harus lebih tahu mengenai produk maupun target audiens dari brand yang dipegangnya.

Pemahaman inilah yang merupakan dasar strategi yang dibuatnya. Konten yang diciptakan sebaiknya bukan sekadar konten untuk meramaikan akun media sosial saja.

Idealnya, konten yang dibuat bisa menjawab atau menjadi problem solver dari masalah-masalah yang dihadapi oleh para followers atau target audience.

Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis ini penting untuk dimiliki seorang social media strategist.

Pasalnya, tugas utama seorang strategist ialah menyusun strategi yang tepat agar konten atau campaign dapat bekerja dengan baik di setiap platform media sosial.

Strategi yang baik tentunya didasari oleh analisis dan pembelajaran bisa dari report mingguan atau kasus yang terjadi.

Nah, itu tadi artikel mengenai Social Media Strategist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pertanyaan untuk Posisi Social Media Specialist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar