icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini Pekerjaan Seorang Content Strategist
Siker.id | 21 Oct 2022 16:44


Bagikan ke
Pekerjaan seorang content strategist (siker)

siker.id – Tidak hanya menjadi konsumsi semata, konten-konten yang ada di media sosial seperti, Youtube dan media sosial lainnya ternyata memiliki potensi keuntungan yang bisa dimanfaatkan.

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi seorang content strategist. Apa itu content strategist?

Content strategist ini bertanggung jawab untuk membangun strategi promosi dan komunikasi sebuah perusahaan atau organisasi.

Mereka terlibat dalam proses mulai dari perencanaan, pengembangan, desain, produksi, analisis, dan manajemen konten.

Tidak hanya menentukan kebutuhan konten dan merencanakan produksinya, mereka juga memilih channel atau platform distribusi yang tepat.

Nah, bila kamu tertarik berkarir di bidang ini, berikut tugas utama dan keahlian seorang content strategist yang bisa kamu pelajari di bawah ini, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Pekerjaan Digital Strategist

Tugas Utama Content Strategist

Dilansir dari laman Digital Marketing Institute, berikut beberapa tugas utama seorang content strategist:

• Membuat spesifikasi dan konten yang sesuai untuk target pasar dari brand

• Membuat aturan untuk menyamakan tone atau style dari semua konten yang dibuat

• Mengukur dan menganalisis apakah strategi content marketing sudah bisa berjalan dengan baik

• Menyusun strategi dan meningkatkan promosi lewat kualitas konten

• Menetapkan strategi untuk editorial sehingga konten bisa konsisten dan menarik di semua platform

Baca Juga: Tertarik Menjadi Social Media Strategist? Baca Ini!

Skill yang Harus Dikuasai Content Strategist

Berikut skill yang bisa kamu kuasai untuk menjadi seorang content startegist:

Analytical Thinking

Menjadi seorang content strategist harus mampu memiliki kemampuan berfikir secara analitis. Sebab, pekerjaan content strategist ini berkaitan dengan data dan riset.

Diperlukan pemikiran yang analitis untuk mengubah data menjadi solusi. Content strategist harus bisa mengenali pola dan tren dan menarik kesimpulan strategi apa yang paling tepat dan bisa memberikan hasil maksimal.

Copywriting

Tentu menjadi seorang content strategist harus memiliki kapasitas dalam menulis, ya, sobat siker!

Tanpa kemampuan copywriting yang baik, kamu tidak bisa mengeksekusi konten dengan baik pula. Walaupun bukan kamu yang menulisnya sendiri, kamu harus menguasai copywriting untuk membedakan konten mana yang efektif dan mana yang tidak.

Pengetahuan Mengenai Presentasi, Delivery dan Monetisasi Konten

Ini juga menjadi hal penting untuk dikuasai. Seorang content strategist harus tahu bagaimana mengemas konten hingga bagaimana konten dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

Untuk itu, kuasai hal ini, ya, sobat siker!

Nah, itu tadi artikel mengenai Pekerjaan Seorang Content Strategist yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang Brand Strategist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar