- Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager
- 5 Cara Ampuh Membuat Brand Story
- Pentingnya User Generated Content Untuk Brandmu!
- 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!
- Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!
- 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD
- 4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional!
siker.id – Memiliki sebuah merek atau brand yang dikenal banyak orang tentu bukanlah pekerjaan mudah.
Dibalik kesuksesan suatu brand, terdapat beberapa pihak yang juga bekerja di balik layar.
Salah satu sosok ‘dibalik layar’ tersebut ialah seorang brand manager (BM) atau manajer brand. Siapa itu manajer brand?
Dikutip dari laman socialmediamarketer, seorang BM ini bertanggung jawab untuk menjaga citra keseluruhan produk atau perusahaan.
Tugas utama dari pekerjaan ini ialah meneliti pasar untuk menentukan target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran.
Seorang BM juga bertugas untuk mengelola periklanan, mengelola anggaran untuk barang promosi dan iklan, membantu membuat desain dan tata letak konsep periklanan (baik cetak maupun digital).
Lantas, bagaimana tanggung jawab lain dan skill yang diperlukan seorang brand manager? Begini penjelasannya di bawah ini, sobat siker!
Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang Brand Strategist
Tanggung Jawab Seorang Brand Manager
Dilansir dari The Branding Journal, berikut beberapa tanggung jawab seorang brand manager antara lain:
Kerja Sama dengan Berbagai Bidang dalam Perusahaan
Hal ini juga menjadi tanggung jawab seorang manajer brand. Sebagai contoh, BM abekerja dengan bidang marketing untuk memastikan bahwa setiap aspek dari strategi brand tepat sasaran.
Selain itu, BM juga harus berhubungan dengan bidang lain seperti keuangan, komunikasi pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk.
Hal itu dilakukan untuk memastikan gambaran strategis bisnis dan peluang pasar di masa depan.
Berfokus pada Konsumen
Tanggung jawab seorang brand manager adalah pastinya berkaitan dengan konsumen.
BM harus mampu memanfaatkan riset pasar dan memantau tren pasar.
Untuk itu, mempunyai pemahaman tentang target pasar dan juga target pasar potensial adalah hal yang penting.
Melindungi Brand
Seorang BM juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan bahwa semua produk, layanan, dan lini produk yang berada di bawah brand beresonansi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
Berkoordinasi dengan Para Agensi Marketing
Ini juga menjadi lingkup tanggung jawab seorang brand manager.
Bila perusahaan belum memiliki bidang marketing yang menangani semua aspek, maka BM bertugas untuk bekerja dengan agensi marketing.
Hal ini untuk memastikan agensi tersebut memahami tujuan dan pedoman brand untuk setiap proses pemasaran.
Baca Juga: Apa itu Brand Analyst? Begini Penjelasannya!
Skill Seorang Brand Manager
Bila kamu tertarik menjadi seorang manajer merek, kamu harus menguasai beberapa keterampilan.
Dilansir dari Indeed berikut beberapa skill yang bisa kamu kuasai antara lain:
Keterampilan Analisis Data
Skill pertama adalah mampu melakukan analisis data. Pasalnya, profesi ini menuntut kamu menyajikan upaya branding kepada manajemen tingkat atas yang mencakup data pendukung.
Upaya branding sering kali mudah dipahami dalam istilah kualitatif.
Namun, seorang brand manager bertanggung jawab untuk menghitung tingkat konversi dan menyajikannya secara dinamis bersama dengan contoh dunia nyata untuk membuktikan efektivitas strategi.
Kemampuan Komunikasi
Skill ini sangat penting dan wajib dimiliki seorang BM.
Sebab, seorang brand manager nantinya bekerja dengan berbagai bidang dan memfasilitasi kerja sama seluruh perusahaan dalam proyek branding.
Untuk itu, akan lebih mudah jika ia memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.
Strategi Kreatif
Keterampilan selanjutnya yang perlu dimiliki seorang manajer merek ialah memilki strategi kreatif.
BM harus mampu menyeimbangkan struktur dengan inovasi ketika mengembangkan strategi kreatif baru untuk memastikan efisiensi dan efektivitas maksimum terhadap strategi yang dikembangkan.
Nah, itu tadi artikel mengenai brand manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Begini 4 Tugas Seorang Brand Ambassador!
Editor: -
Komentar
- Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?
- Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
- 4 Tips menjadi Manajer yang Baik
- 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager
- 5 Cara Ampuh Membuat Brand Story
- Pentingnya User Generated Content Untuk Brandmu!
- 5 Tips Sukses Menjadi Seorang Manajer Pemasaran!
- Pahami 4 Tugas Manajer Keuangan Ini!
- 4 Cara Mulus Menjadi Seorang Manajer HRD
- 4 Tips Sukses Menjadi Manajer Operasional!