- Apa Perbedaan Pegawai Kontrak dan Outsourcing?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan PNS dan Swasta?
- Apa Untungnya Menjadi Seorang Pegawai Negeri?
- Apa Itu PPh 21 dan Dasar Hukumnya?
- Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Karyawan?
- Berikut 5 Tips Memperhatikan Kesejahteraan Pegawai
- Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?
- 4 Etika Dalam Memecat Karyawan
- 4 Ciri Pekerja yang Tidak Bisa Diandalkan
- 3 Hal Ini Hanya Dirasakan Pegawa Kantoran
siker.id – Profesi seorang pegawai pajak saat ini cukup banyak diminati oleh para pencari kerja.
Sebenaranya siapa itu pegawai atau staf pajak ini?
Pegawai pajak merupakan orang yang bertugas melakukan segala pencatatan, pembayaran, pelaporan, hingga pengawasan proses administrasi yang berkaitan dengan pajak suatu perusahaan.
Pegawai di bidang perpajakan biasanya bekerja pada divisi atau departemen keuangan, salah satu bagian terpenting dalam suatu struktur perusahaan.
Nah, bila kamu tertarik bekerja di bidang ini, yuk simak skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi seorang pegawai pajak ini, ya!
Baca Juga: Tertarik Menjadi Konsultan Pajak? Pelajari 7 Skill Ini!
Skill Wajib Seorang Pegawai Pajak
Bila kamu berminat menjadi staf pajak, sebaiknya kamu menguasai beberapa skill. Seperti dilansir dari laman Glints, berikut beberapa skill yang dibutuhkan seorang pegawai pajak antara lain:
1. Fokus pada detail
Menjadi seorang pegawai pajak kamu harus cermat dalam mengerjakan tugasmu agar bisa meminimalisir kesalahan.
Terdapat banyak sekali undang-undang perpajakan yang harus dipahami.
Bila kamu tidak memiliki kemampuan yang satu ini tentunya akan lebih rentan membuat kesalahan.
2. Terbiasa dengan angka
Menjadi seorang staf pajak harus terbiasa dengan angka, ya, sobat siker!
Pasalnya, salah satu tugas dari seorang staf pajak ialah menghitung jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan.
Untuk itu, kemampuan berhitung sangat diperlukan agar tidak ada kesalahan dalam membayarkan pajak.
Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Pajak Ini!
3. Kemampuan analisis
Skill selanjutnya yang perlu dikuasai seorang pegawai pajak ialah kemampuan analisis yang baik.
Dengan memiliki kemampuan analisis yang baik, pastinya kamu akan lebih mudah dalam mengambil keputusan berdasarkan informasi yang sudah disaringnya.
Alhasil, suatu keputusan tidak akan dibuat secara sembarangan tanpa mempertimbangkan berbagai faktor yang ada.
4. Manajemen waktu
Keterampilan yang tak kalah penting untuk seorang pegawai pajak adalah manajemen waktu.
Bila kamu memiliki kemampuan ini, kamu dengan mudah dapat memprioritaskan tugas yang akan kamu kerjakan.
Pasalnya, seorang karyawan yang mampu mengelola waktu dengan tepat, tentu akan lebih mudah saat harus menyelesaikan banyak pekerjaan.
Untuk itu, kuasailah kemampuan ini agar pekerjaanmu maksimal, ya, sobat siker!
Nah, itu tadi artikel mengenai pegawai pajak yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!
Baca Juga: Mengenal Jenis Pajak di Indonesia
Editor: -
Komentar
- Apa Perbedaan Pegawai Kontrak dan Outsourcing?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan PNS dan Swasta?
- Apa Untungnya Menjadi Seorang Pegawai Negeri?
- Apa Itu PPh 21 dan Dasar Hukumnya?
- Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Karyawan?
- Berikut 5 Tips Memperhatikan Kesejahteraan Pegawai
- Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?
- 4 Etika Dalam Memecat Karyawan
- 4 Ciri Pekerja yang Tidak Bisa Diandalkan
- 3 Hal Ini Hanya Dirasakan Pegawa Kantoran