icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Cara Agar Terhindar Dari Gangguan/Distraksi Saat Bekerja
Siker.id | 06 Mar 2023 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi Distraksi (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Distraksi atau gangguan merupakan hal yang dapat mengalihkan perhatian seseorang saat sedang melakukan sesuatu. Distraksi dapat menyebabkan menurunnya produktivitas dan bikin kerjaan tak kunjung selesai. Distraksi dapat muncul dari mana saja entah dari luar/lingkungan atau dari diri sendiri. Untuk dapat menghindari distraksi, kamu bisa menerapkan tips dibawah ini:

Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini Manfaat Jika Kamu Ambisius!

1. Menonaktifkan notifikasi

Notifikasi yang muncul saat sedang bekerja dapat menjadi penyebab menurunnya produktivitas karena akan memberikan pengaruh kepada individu untuk segera mengecek notifikasi tersebut. Untuk mengatasi distraksi ini, kamu bisa memilih maksimal dua aplikasi yang penting dan berkaitan dengan pekerjaan. Buatlah jadwal secara berkala dengan mengecek notifikasi dari aplikasi penting setiap 30 atau 45 menit sekali dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk memberikan reminder 30 menit sebelum mematikan notifikasi kepada orang-orang yang sekiranya akan menghubungimu.

2. Jangan multitasking

Multitasking dapat menurunkan fokus dan performa seseorang secara keseluruhan yang berakibat pada tertundanya penyelesaian pekerjaan. Untuk menghindari multitasking, kamu bisa mengkombinasikan teknik pomodoro dengan memaksimalkan waktu 25 menit fokus mengerjakan satu hal. Istirahat 5 menit lalu boleh mengerjakan hal yang lain. Buatlah to-do-list dengan mengatur prioritas.

Baca juga: Ini Perbedaan Skill Copywriting dan Content Writing

3. Mengaktifkan timer

Konsep mengaktifkan timer disini, memberikan batas waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Misalnya 2 jam, maka dalam 2 jam pekerjaanmu harus selesai. Metode ini harus diterapkan secara realistis dan agar tidak membuat stress, berikan waktu 3-5 menit untuk beristirahat. Kamu bisa menggunakan timer melalui PC seperti Google Timer. Penentuan waktu ini membuthkan trial dan eror, oleh karena itu selalu evaluasi waktu yang kamu set karena bisa jadi terlalu cepat atau terlalu lambat.

4. Kerja di area sunyi

Ruangan atau area yang ramai, ribut dan banyak orang berlalu-lalang akan membuat fokus mudah terpecah. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencari area yang sunyi dan tidak banyak orang. Jika dikantor, kamu bisa menggunakan ear plug untuk meredam suara dari luar atau kalau WFH/WFA cari area yang tidak ramai.

Sekian artikel mengenai cara menghindari distraksi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Bisa Dapat Kerja Meskipun Nggak Sesuai Jurusan Kuliah


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar