- Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- 3 Media Sosial Pilihan Digital Marketer
- 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing
- 5 Kelebihan Kamu Menggunakan Digital Marketing!
- Mengenal Pekerjaan Digital Marketing Specialist
- Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing
siker.id - Pada era modern ini banyak kegiatan dan aktivitas yang dilakukan secara daring yang tentunya membuat perubahan signifikan terhadapp cara komunikasi dan pemasaran suatu produk. Saat ini, pemasaran produk mulai bergerak ke arah digital marketing. Nah, apa sih yang dimaksud digital marketing?
Digital Marketing dalam Bahasa Indonesia memiliki pengertian pemasaran digital. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk dan/atau jasa yang dilakuka melalui media digital dab internet. Tujuan dari pemasaran tersebut adalah untuk menjangkau pelanggan secara luas dengan cara yang efisien, cepat dan relevan.
Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional
- Penyebaran yang cepat
Penggunaan strategi pemasaran dengan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat
- Kemudahan evaluasi
Hasil dari kegiatan pada media digital dapat langsung diketahui. Selain itu juga penggunaan media digital memudahkan pengusaha untuk melihat berapa banyak orang yang telah melihat produk, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan sebagainya. Dengan demikian pengusaha dapat melakukan evaluasi pengiklanan setelah mengetahui informasi tersebut
- Jangkauan lebih luas
Penggunaan media digital memungknkan jangkauan geografis yang luas. Pengusaha dapat menyebarkan branda atau produk ke seluruh dunia dengan mudah menggunakan internet
- Murah dan efektif
Jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional, pemasaran digital marketing jauh lebih murah dan efektif.
- Membangun nama Produk atau Brand
Penggunaan digital marketing membantu pengusaha dalam membangun nama brand dengan baik
Berikut beberapa jenis digital marketing
- Website
Website memiliki peran penting dalam memperlihatkan profesionalisme sebuah perusahaan. Website akan membantu konsumen untuk mengetahui sebuah bisnis. Penggunaan website akan menghemat dan memudahkan promosi.
- Search Engine Marketing (SEM)
Strategi digital marketing SEM ini melibatkan penggunaan mesin pencari seperti Google, Bing, Facebook, Yahoo. SEM dibagi menjadi dua yaitu SEO dan PPC.
a. Search Engine Optimization (SEO)
SEO dilakukan dengan mengoptimasi konten digital marketing perusahaan agar muncul di halaman pertama Google tanpa perlu membayar penyedia iklan.
b. Pay-per-Click (PPC)
PPC dilakukan dengan membayar sejumlah biaya kepada pneyedia iklan agar materi digital marketing selalu berada dideretan atas saat calon konsumen mencari keyword tertentu. Biasanya hasil yang muncul dari PPC memiliki label ‘Ad’ atau ‘iklan’
- Social Media Marketing
Social Media Marketing merupakan strategi pemasaran melalui media social. Pemasaran melalui media social ini dapat dilakukan dengan mengoptimasi konten maupun dengan menitip iklan di jaringan social. Biasanya promosi melalui media social dilakukan melalui TikTok, Facebook, Twitter, atau YouTube
- Email Marketing
Email marketing merupakan strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada konsumen (subscriber). Email marketing harus dibuat semenarik mungkin agar konsumen mau membaca dan membuka promosi melalui email tersebut.
- Video Marketing
Melalui video marketing ini, pengusaha dapat menjelaskan bisnis dari perusahaan, menjelaskan produk, cara menggunakan, serta menampilkan testimonial pelanggan
- Influencer Marketing
Bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk bisnis.
Baca juga: 4 Kesalahan Penggunaan Digital Marketing!
Bagaimana Memulai Digital Marketing?
Setelah mengetahui tentang digital marketing, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?
Pemasaran menggunakan media digital, dapat dimulai dengan mempersiapakan beberapa hal berikut:
- Siapkan hal-hal yang akan digunakan untuk melakukan digital marketing seperti website, akun media social, identitas brand dan produk, review atau feedback dari pelanggan.
- Siapkan konten yang menarik perhatian dan mudah dibagikan. Konten tersebut dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Tentukan juga tujuan pemasaran dan target pasar agar konten yang dibuat sesuai.
- Unggah dan evaluasi setiap unggahan, tentukan mana yang dapat memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa asset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis
- Masuk dan bergabung dengan forum marketpcae public
Demikian informasi mengenai digital marketing yang kami rangkum, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.
Komentar
- Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut Skill yang Wajib Dipelajari Digital Marketing
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- 3 Media Sosial Pilihan Digital Marketer
- 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing
- 5 Kelebihan Kamu Menggunakan Digital Marketing!
- Mengenal Pekerjaan Digital Marketing Specialist
- Tugas dan Tanggung Jawab Digital Marketing