- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 5 Keuntungan Memilih Bekerja Sebagai Sales
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
- 3 Rahasia Sukses menjadi Tenaga Penjual Handal
- 3 Metode Kerja Sales Canvasing
- 3 Keuntungan Memakai Metode Sales Canvasing
- 4 Strategi Market Penetration yang Sering Digunakan
siker.id - Sales adalah bagian dari kegiatan penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli.
Pada beberapa perusahaan, sales dijadikan dalam satu divisi sendiri. Namun di beberapa perusahaan yang lain, sales termasuk ke dalam divisi pemasaran.
Baca juga: Mengenali 5 Jenis Pemasaran
Jadi, sebenarnya apa dih kemampuan yang harus dimiliki oleh sales dan gimana jenjang karir dari seorang sales?
Seorang sales harus memiliki beberapa kemampuan, diantaranya yaitu
- pengetahuan mengenai produk atau layanan
- memahami konsumen dan klien dengan baik
- kemampuan komunikasi yang baik/public speaking
- manajemen waktu
- kemampuan negosiasi
- kemampuan beradaptasi dan berpikir cepat
Bagi seorang sales, terdapat tiga unsur utama yang melatarbelakangi kinerja dan tanggung jawab dari sales. unsur tersebut yaitu
1. Daerah/wilayah penjualan
2. Barang dan/atau jasa yang dijual
3. Target pelanggan
Jenis-Jenis Pekerjaan dalam Sales
1. Sales Representative
Posisi sales representative merupakan posisi tingkat dasar dari tim penjualan
Sebutan lain untuk sales represetnative yaitu agen penjualan, account representative, advertising representative, brand ambassador, dan lain sebagainya
2. Sales Manager
Sales manager merupakan posisi setingkat supervisor yang membawahi beberapa sales representative. Sales manager memimpin tim penjualan sebuah perusahaan, merke yang akan menetapkan goal dan menganalisis penjualan.
Sebutan lain untuk sales manager yaitu account manager, area manager, business development manager, franchise development manager, dan lain-lain
3. Sales Administrative
Sales administrasi biasanya membantu tim sales dari segi administrasi. contohnya mengurus izin perjalanan, menyiapkan marketing kit untuk pembeli, menghitung dan mengurus administrasi bonus-bonus yang diberikan apabila pembeli loyal.
Sebutan lain untuk sales administrative yaitu business development representative, enterprise representative, financial assistant, dan industry representative.
4. Account Executive
Account executive merupakan posisi yang hampir serupa dengan sales manager, walaupun tugasnya lebih banyak. Account executive bertugas menciptakan sebuah relasi antara perusahaan dengan klien dan mempertahankan relasi dengan klien yang sudah ada.
Sebutan lain untuk Account executive yaitu channel partner executive, account handler, client executive, dan lain-lain.
Baca juga: Penasaran dengan Pekerjaan Account Executive? Cek 3 Hal Ini!
5. Executive-Level Management
Posisi ini pada umumnya menentukan dan mengarahkan tujuan penjualan dari sebuah perusahaan. Selain itu juga bertanggung jawab dalam rencama pemasaran hingga membuat rencama hubungan perusahaan dengan klien. Biasanya orang yang menjabat pada posisi ini perlu pengalaman 10 tahun lebih pada bidang penjualan.
Sebutan lain untuk posisi ini yaitu sales director, chief sales officer, hingga chief financial officer.
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 5 Keuntungan Memilih Bekerja Sebagai Sales
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
- 3 Rahasia Sukses menjadi Tenaga Penjual Handal
- 3 Metode Kerja Sales Canvasing
- 3 Keuntungan Memakai Metode Sales Canvasing
- 4 Strategi Market Penetration yang Sering Digunakan