icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Sales: Pengertian, Kemampuan dan Jenis
Siker.id | 21 Mar 2023 15:02


Bagikan ke
ilustrasi sales (siker / doc.freepik)

    siker.id - Sales adalah bagian dari kegiatan penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli.

    Pada beberapa perusahaan, sales dijadikan dalam satu divisi sendiri. Namun di beberapa perusahaan yang lain, sales termasuk ke dalam divisi pemasaran.

    Baca juga: Mengenali 5 Jenis Pemasaran

    Jadi, sebenarnya apa dih kemampuan yang harus dimiliki oleh sales dan gimana jenjang karir dari seorang sales?

    Seorang sales harus memiliki beberapa kemampuan, diantaranya yaitu

    - pengetahuan mengenai produk atau layanan

    - memahami konsumen dan klien dengan baik

    - kemampuan komunikasi yang baik/public speaking

    - manajemen waktu

    - kemampuan negosiasi

    - kemampuan beradaptasi dan berpikir cepat

    Bagi seorang sales, terdapat tiga unsur utama yang melatarbelakangi kinerja dan tanggung jawab dari sales. unsur tersebut yaitu

    1. Daerah/wilayah penjualan

    2. Barang dan/atau jasa yang dijual

    3. Target pelanggan

    Jenis-Jenis Pekerjaan dalam Sales

    1. Sales Representative

    Posisi sales representative merupakan posisi tingkat dasar dari tim penjualan

    Sebutan lain untuk sales represetnative yaitu agen penjualan, account representativeadvertising representativebrand ambassador, dan lain sebagainya

    Baca juga: Mengenal Pekerjaan Seorang Sales Representative

    2. Sales Manager

    Sales manager merupakan posisi setingkat supervisor yang membawahi beberapa sales representative. Sales manager memimpin tim penjualan sebuah perusahaan, merke yang akan menetapkan goal dan menganalisis penjualan.

    Sebutan lain untuk sales manager yaitu  account manager, area manager, business development manager, franchise development manager, dan lain-lain

    3. Sales Administrative

    Sales administrasi biasanya membantu tim sales dari segi administrasi. contohnya mengurus izin perjalanan, menyiapkan marketing kit untuk pembeli, menghitung dan mengurus administrasi bonus-bonus yang diberikan apabila pembeli loyal.

    Sebutan lain untuk sales administrative yaitu business development representativeenterprise representativefinancial assistant, dan industry representative.

    4. Account Executive

    Account executive merupakan posisi yang hampir serupa dengan sales manager, walaupun tugasnya lebih banyak. Account executive bertugas menciptakan sebuah relasi antara perusahaan dengan klien dan mempertahankan relasi dengan klien yang sudah ada.

    Sebutan lain untuk Account executive yaitu channel partner executiveaccount handlerclient executive, dan lain-lain.

    Baca juga: Penasaran dengan Pekerjaan Account Executive? Cek 3 Hal Ini!

    5. Executive-Level Management

    Posisi ini pada umumnya menentukan dan mengarahkan tujuan penjualan dari sebuah perusahaan. Selain itu juga bertanggung jawab dalam rencama pemasaran hingga membuat rencama hubungan perusahaan dengan klien. Biasanya orang yang menjabat pada posisi ini perlu pengalaman 10 tahun lebih pada bidang penjualan.

    Sebutan lain untuk posisi ini yaitu sales directorchief sales officer, hingga chief financial officer


    Editor: Lifiani -

         

    Komentar