icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ekspektasi dan Realita dalam Mencari Pekerjaan
Siker.id | 10 May 2023 15:00


Bagikan ke
ilustrasi ekpektasi cari kerja (siker / doc.freepik)

siker.id - Mencari pekerjaan adalah langkah penting dalam mencapai karier yang sukses dan memuaskan. Namun, seringkali proses pencarian pekerjaan tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Sebelum memulai pencarian pekerjaan, sebaiknya kita menyadari bahwa ekspektasi dan kenyataan mungkin tidak selalu sama.

Baca juga: 8 Tips Cari Kerja Untuk Freshgraduate

Ekspektasi adalah harapan atau anggapan kita tentang sesuatu yang akan terjadi. Dalam hal pencarian pekerjaan, ekspektasi yang seringkali muncul adalah mudahnya menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita, gaji yang tinggi, jaminan masa depan yang baik, serta lingkungan kerja yang menyenangkan.

Namun, kenyataannya mencari pekerjaan tidaklah semudah itu. Proses mencari pekerjaan seringkali memerlukan waktu dan usaha yang cukup banyak. Bahkan, beberapa orang mungkin perlu melalui beberapa tahap seleksi dan wawancara sebelum akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Gaji yang ditawarkan juga tidak selalu sesuai dengan ekspektasi kita, tergantung dari bidang pekerjaan dan pengalaman yang dimiliki.

Selain itu, jaminan masa depan yang baik dan lingkungan kerja yang menyenangkan juga tidak selalu bisa dijamin. Terkadang kita mungkin menemukan situasi di mana perusahaan tidak stabil secara finansial atau lingkungan kerja yang tidak sehat dan tidak mendukung perkembangan karier kita.

Namun, bukan berarti kita harus menyerah begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan dalam pencarian pekerjaan:

1. Realistis dengan harapan
Cobalah untuk menjadi realistis dalam menetapkan harapan. Lakukan riset tentang bidang pekerjaan yang ingin dijalani, gaji yang ditawarkan, serta lingkungan kerja yang diinginkan. Hal ini akan membantu kita untuk memiliki gambaran yang lebih jelas tentang apa yang mungkin bisa didapatkan.

2. Perluas Jaringan
Bergabunglah dengan komunitas atau kelompok yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan. Jaringan dapat membantu untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan yang belum dipublikasikan atau membantu untuk memperkenalkan diri ke perusahaan yang diinginkan.

Baca juga: 3 Cara Membangun Jaringan bagi Introvert

3. Tingkatkan Keterampilan
Peningkatan keterampilan atau pelatihan tambahan dapat meningkatkan peluang kita dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Penguasaan keterampilan tambahan dapat membuat kita lebih menarik bagi perusahaan dan membuka peluang pekerjaan yang lebih baik.

Baca juga: 7 Keterampilan Yang Wajib di Miliki Fresh Graduate

4. Jangan Berhenti Mencoba
Tetaplah optimis dan jangan menyerah. Mencari pekerjaan memang tidak mudah, tetapi jangan berhenti mencoba. Teruslah mengirimkan lamaran pekerjaan, mengikuti tes dan wawancara, dan terus meningkatkan keterampilan dan jaringan.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar