icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bisa dapat Kerja Tanpa Pengalaman Kerja? Ini dia 4 Caranya!
Siker.id | 12 Jul 2023 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi kerja (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Mencari pekerjaan tanpa memiliki pengalaman kerja dapat menjadi suatu tantangan, tetapi bukan berarti kamu tidak memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan memulai karir. Meskipun kamu mungkin tidak memiliki pengalaman kerja, terdapat beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman kerja:

Baca juga: Lakukan 5 Cara Ini Untuk Membuat CV yang Disukai HRD

1. Fokus pada Keterampilan yang Relevan

Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman kerja langsung, kamu mungkin memiliki keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Identifikasi keterampilan yang kamu miliki, baik itu hard arau soft skill. Tunjukkan keterampilan tersebut dalam CV atau surat lamaran, dan jelaskan bagaimana kamu dapat mengaplikasikannya dalam posisi yang kamu lamar.

2. Mengikuti Magang atau Volunteer

Meskipun bukan pengalaman kerja, terlibat dalam volunteer atau magang dapat memberikanmu pengalaman yang bermanfaat. Carilah organisasi atau perusahaan yang menawarkan program magang atau volunteer. Terlibat dalam proyek-proyek yang relevan dengan bidang yang kamu minati akan membantumu memperoleh wawasan, membangun koneksi, dan menambahkan pengalaman yang dapat kamu cantumkan dalam CV.

3. Buat Portofolio

Buat portofolio yang menampilkan karya atau buat proyek pribadi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu tertarik dalam desain grafis, buatlah portofolio yang berisi contoh desain yang telah kamu buat. Jika kamu tertarik dalam penulisan, tulislah artikel atau blog yang menampilkan kemampuan menulismu. Portofolio atau proyek pribadi ini akan memberikan bukti konkret tentang kemampuan dan minatmu kepada calon pemberi kerja.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Terhindar dari Penipuan Loker

4. Jelajahi Peluang Pekerjaan Entry Level

Cari peluang pekerjaan entry level yang mencari kandidat tanpa pengalaman kerja. Banyak perusahaan menawarkan posisi entry level yang dirancang untuk para fresh graduate atau orang-orang yang baru memulai karir. Pertimbangkan jenis pekerjaan yang mungkin kamu ambil. Meskipun mungkin bukan pekerjaan impian, hal tersebut dapat menjadi peluang untuk memperoleh pengalaman kerja dan membangun fondasi untuk karirmu.

Mencari pekerjaan tanpa pengalaman kerja tidaklah mudah, tetapi dengan persiapan yang matang dan pendekatan yang positif, kamu dapat meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan yang di inginkan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Ingin Jadi Guru? Ini 6 Keterampilan yang Harus Dimiliki!

 


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar