icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Kuat Menjalani Pekerjaan yang Tak Sesuai Ekspektasi
Siker.id | 13 Oct 2023 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi Orang yang Menjalani Pekerjaan (siker.id/dok. Freepik)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Mencari pekerjaan mungkin bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi bila berkaitan dengan ekspektasi dan harapan tentang bagaimana pekerjaan yang ideal bagi mereka. Hampir semua orang menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan passion yang dimilikinya. Namun pada kenyataannya, proses meniti karier tidaklah selalu berjalan dengan lancar.

Seringkali terdapat situasi dimana seseorang terjebak dalam bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi sebelumnya. Bertahan dalam situasi pekerjaan seperti itu bukanlah hal yang mudah, namun mengundurkan diri tanpa ada pikiran panjang juga bukanlah solusi yang tepat.

Baca juga: Ekspektasi dan Realita dalam Mencari Pekerjaan

Lalu, bagaimana tips agar kuat menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi? Berikut penjelasannya.

1. Sadari Hal yang Bisa dan Tidak Bisa Dikendalikan

Terkadang ada beberapa situasi yang terjadi di luar kendali kita, oleh karena itu penting untuk memilah apa saja hal yang bisa dikendalikan dan mana yang tidak. Coba pahami lagi, aspek apa dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan ekspektasimu dan apakah kamu memiliki kendali untuk merubahnya.

Apakah itu berkaitan dengan kondisi lingkungan kerja? Ekspektasi gaji? Tugas-tugas yang tidak sesuai dengan bidang pekerjaan yang dijalani? Hal-hal ini merupakan contoh sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan karena berkaitan dengan orang lain dan sistem perusahaan tempat bekerja.

Kamu bisa mengendalikan hal-hal yang berkaitan dengan diri sendiri, seperti mengatasi rasa tidak nyaman yang timbul karena keadaan yang terjadi, mengendalikan emosi, mengubah cara berpikir dan melihat sisi positif dari pekerjaan yang tak sesuai ekspektasi.

2. Memotivasi Diri

Kesampingkan hal-hal negatif yang timbul dari ketidaksesuaian harapan dengan kenyataan kerja yang terjadi. Sebagai gantinya, cobalah mengevaluasi kembali apa tujuan awal saat memutuskan untuk menerima pekerjaan atau perubahan posisi sebelumnya.

Hal ini dapat menjadi motivasi agar tetap kuat bertahan dan menghadapi tantangan yang timbul akibat keputusan tersebut. Selain itu, kamu dapat membaca kutipan-kutipan motivasi atau buku self-improvement agar mendapat pandangan yang lebih luas tentang diri sendiri juga dunia kerja.

3. Hindari Hal-hal Negatif yang Tidak Perlu

Terkadang ketidaksesuaian ekspektasi dengan realita hanyalah efek dari pikiran negatif saja. Mungkin saja kita terlalu fokus pada hal-hal yang negatif sehingga tidak melihat segi positif yang ada. Cobalah hindari pikiran negatif tersebut dengan merenungkan kembali dan fokus pada solusi dari permasalahan situasi yang kamu hadapi.

Pekerjaan yang tengah kamu jalani pastinya tidak hanya berisi hal buruk saja, coba fokuskan pada kelebihan-kelebihan yang ada di bidang pekerjaan. Misalnya pekerjaan sekarang membuat kamu mendapat gaji yang tinggi, memiliki rekan kerja yang suportif, lokasi dekat dari tempat tinggal, atau juga faktor tempat kerja yang nyaman dan kondusif.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif dengan 6 Tips Ini!

4. Istirahat Sejenak

Terus bekerja tentu membuatmu lelah dan merasa penat, cobalah luangkan waktu untuk beristirahat saat hari libur. Lakukan hobi dan sesuatu yang kamu sukai, seperti pergi berjalan-jalan, rekreasi, main game, atau sekedar tidur di rumah. Hal ini akan membantumu melupakan beban pekerjaan walaupun sebentar dan siap untuk menghadapi tantangan juga masalah yang ada saat masuk kerja nanti.

5. Temukan Tujuan Hidup

Kamu mungkin merasa terpaksa menjalani pekerjaan saat ini atau tidak menyukai bidang pekerjaan yang kamu miliki. Namun, kamu tetap bertahan karena adanya tuntutan kebutuhan hidup.

Pastinya kamu memiliki cita-cita, harapan, atau keinginan yang belum terpenuhi. Cobalah sesekali mencari apa sebenarnya tujuan hidupmu. Lakukanlah kegiatan yang membuatmu dekat untuk mencapai semua itu. Mungkin dengan bekerja di bidang yang sedang kamu jalani ini, dapat menjadi proses awal untuk menemukan tujuan hidup yang membuatmu bahagia itu.

Sekian pembahasan mengenai tips agar tetap kuat bertahan menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan semestinya. Semoga menambah wawasan dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: 7 Tips Menghadapi Lingkungan Kerja dengan Beragam Karakter


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian