icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Kekurangan Bootcamp Intensif yang Harus Dipertimbangkan
Siker.id | 17 Oct 2023 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi bootcamp (siker.id/dok. freepik)

siker.id - Bootcamp intensif merupakan salah satu cara yang populer untuk mendapatkan pelatihan yang dalam waktu yang singkat. Meskipun bootcamp intensif menawarkan sejumlah keuntungan, seperti penekanan pada keterampilan praktis dan pembaruan keterampilan yang cepat, bootcamp juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk mengikutinya. Berikut adalah beberapa dari kekurangan mengikuti bootcamp intensif:

Baca juga: Ini 6 Keuntungan Mengikuti Bootcamp Intensif!

1. Kurangnya Teori Mendalam

Bootcamp intensif sering kali fokus pada aplikasi praktis keterampilan, tetapi mereka mungkin tidak memberikan pemahaman mendalam tentang teori di balik konsep-konsep yang diajarkan. Hal tersebut dapat menjadi masalah jika kamu ingin memahami dasar-dasar yang kuat dari subjek tertentu. Pendidikan formal mungkin lebih cocok jika kamu ingin mendalami teori atau melakukan penelitian yang mendalam.

2. Terbatasnya Waktu untuk Pembelajaran

Karena sifat intensif dari bootcamp, waktu yang dihabiskan untuk setiap topik seringkali terbatas. Hal tersebut berarti kamu mungkin harus melewatkan beberapa detail penting dan mungkin tidak akan bisa menjelajahi topik-topik yang lebih dalam. Hal tersebu juga bisa menjadi masalah jika kamu ingin menjadi ahli dalam bidang tertentu.

3. Beban Kerja yang Tinggi

Bootcamp intensif sering memerlukan komitmen waktu yang tinggi dalam waktu singkat. Hal ini berarti peserta sering harus fokus sepenuh waktu pada bootcamp dan mungkin tidak bisa bekerja paruh waktu atau membagi perhatian dengan tanggung jawab lainnya. Hal tersebut dapat menjadi tantangan bagi mereka yang memiliki kewajiban finansial atau keluarga.

Baca juga: Tertarik Mengikuti Bootcamp? Ketahui 3 Jenisnya!

4. Kecenderungan untuk Overpromising

Beberapa bootcamp mungkin cenderung overpromising tentang peluang pekerjaan setelah menyelesaikan program mereka. Hal tersebut bisa menyesatkan peserta untuk berpikir bahwa mereka akan segera mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi setelah lulus, meskipun kenyataannya pekerjaan tidak selalu mudah ditemukan. Penting untuk bersikap realistis tentang peluang pekerjaan setelah bootcamp.

5. Harga yang Mahal

Bootcamp intensif sering kali memasang harga yang tinggi. Meskipun mereka mungkin menawarkan pelatihan yang cepat dan praktis, biaya program ini bisa menjadi hambatan bagi banyak individu. Penting untuk mempertimbangkan apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Bootcamp intensif dapat menjadi pilihan pendidikan yang baik untuk banyak individu. Penting untuk mempertimbangkan kekurangan dari pendekatan ini sebelum kamu mendaftar. Kamu harus menilai apakah bootcamp sesuai dengan tujuanmu, tingkat pengetahuan dan pengalaman, serta kemampuan finansialmu. Keputusan ini harus dilakukan dengan cermat agar kamu mendapatkan manfaat yang sebanding dengan investasi yang kamu lakukan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Tertarik Mengikuti Bootcamp Online? Ini Dia 7 Risikonya!


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar