icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
6 Tips Tetap Fokus Kerja Meski Banyak Masalah Melanda
Siker.id | 19 Oct 2023 16:30


Bagikan ke
Ilustrasi Fokus Bekerja (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Kehidupan tidak selalu berjalan sesuai rencana. Terkadang, kita dihadapkan pada berbagai masalah dan tantangan yang dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas saat bekerja. Entah itu masalah pribadi, konflik di tempat kerja, atau faktor stres karena banyaknya beban kehidupan yang ditanggung. Adanya tuntutan dalam pekerjaan, membuat kita harus menunjukkan sikap profesional meskipun sedang dilanda banyak permasalahan. 

Saat masalah tersebut tidak dapat terhindarkan, kita perlu belajar cara mengatasinya tanpa perlu mengorbankan kinerja dan efisiensi dalam pekerjaan. Lalu, bagaimana caranya agar tetap fokus bekerja dalam kondisi seperti itu? Berikut 6 tips yang dapat membantu untuk tetap fokus dalam bekerja, bahkan saat dihadapkan pada banyak masalah.

Baca juga: 5 Alasan Penting Memiliki Fokus dalam Berkarir

1. Prioritaskan Tugas Anda

Saat berbagai permasalahan datang dalam hidup kita, seringkali kita merasa terbebani oleh banyaknya hal yang perlu diselesaikan. Hal ini dapat membuat kita merasakan cemas dan sulit untuk fokus ke satu hal. Sebagai cara mengatasinya, coba prioritaskan tugas-tugas penting yang harus segera diselesaikan. Buatlah daftar tugas harian dan skala prioritas mulai dari hal yang mendesak hingga yang masih bisa ditunda. Dengan menerapkan cara ini, dapat membantu kita lebih terorganisir dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain itu pikiran kita menjadi lebih terfokus pada tugas-tugas yang memiliki dampak terbesar untuk pekerjaan, sehingga masalah kecil tidak akan mengganggu konsentrasi kerja.

2. Atur Waktu untuk Menyelesaikan Masalah

Mungkin kita merasa bahwa permasalahan dalam kehidupan selalu datang siilih berganti. Namun, jangan biarkan permasalahan tersebut menghambat produktivitas bekerja. Alih-alih membiarkan masalah yang ada terus berlanjut, lebih baik sisihkan waktu khusus untuk menangani masalah tersebut. Misalnya dengan menyiapkan waktu pada malam hari atau setelah bekerja untuk menyelesaikan masalah yang mengganggu pikiran.

3. Praktekkan Mindfulness

Mindfulness adalah cara untuk memusatkan perhatian sepenuhnya kepada masa sekarang agar pikiran kita tidak terpaku pada masa lalu atau melayang terlalu jauh ke masa depan. Cobalah terapkan teknik ini melatih kita agar tetap fokus dengan keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan. Berikan waktu untuk merenung sejenak dan fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Hindari pemikiran berkelana tentang masalah-masalah lain yang mungkin sedang dialami.

Baca juga: Beberapa Hal Yang Mengganggu Fokus Kerja

4. Batasi Gangguan

Usahakan untuk membatasi gangguan yang mungkin muncul dan memecah konsentrasi bekerja. Misalnya panggilan telepon, media sosial, dan percakapan intens dengan rekan kerja yang dapat menjadi sumber gangguan yang sering kali membuat kita teringat akan masalah yang dihadapi. Coba matikan pemberitahuan (notification) yang tidak perlu, jangan bermain media sosial saat jam kerja, dan juga batasi obrolan tentang masalah pribadi dengan rekan kerja. Apabila memungkinkan, coba carilah tempat yang tenang untuk bekerja atau menyisihkan waktu untuk beristirahat sejenak.

5. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Membuat tujuan yang jelas dan terukur dapat membantu kita agar tetap fokus bekerja. Ketika kita tahu apa yang ingin dicapai, akan lebih mudah untuk mengatasi masalah yang muncul di sepanjang jalan. Selalu ingatkan diri sendiri pada tujuan karier kita dan fokuskan diri untuk mencari solusi dari permasalahan dibandingkan hanya memikirkannya.

6. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tingkat fokus dalam bekerja juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan mental. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, makan dengan teratur, serta menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu untuk beristirahat. Selain itu, cobalah berolahraga dengan rutin dan terapkan praktik meditasi untuk mengurangi stres yang dirasakan. Sadari bahwa menjaga kesehatan sama pentingnya dengan meraih kesuksesan karier. Saat kita merasa sehat secara fisik dan mental, kita akan lebih mampu mengatasi masalah yang ada dan tetap produktif bekerja.

Meskipun masalah datang silih berganti dalam kehidupan, tetaplah fokus dalam pekerjaan dan target karier yang ingin dicapai. Dengan menerapkan tips di atas, kita dapat mengelola masalah dengan lebih baik dan tetap berkonsentrasi pada tugas-tugas yang perlu diselesaikan. Ingatlah bahwa ketenangan dan kesabaran adalah kunci, dan dengan waktu, kita akan belajar bagaimana mengatasi hambatan dengan lebih baik.

Demikian pembahasan mengenai tips agar tetap fokus bekerja meski banyak permasalahan yang melanda. Semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan baru. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Kenali 7 Ciri Adanya Persaingan Tidak Sehat di Tempat Kerja


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar
Pencarian