- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan
siker.id - Banyaknya tugas di kampus serta skripsi yang menguras tenaga dan emosi pastinya membuat kamu para mahasiswa ingin cepat-cepat lulus dan bekerja. Bayangan akan kebebasan dari tugas dosen, kewajiban membayar biaya kuliah, serta memiliki uang sendiri pastinya jadi hal yang sering kamu bayangkan tentang dunia kerja. Padahal gak sesimpel itu lho. Banyak fresh graduate yang kaget karena dunia kerja ternyata jauh dari yang selama ini dibayangkan. Berikut ini realita dunia kerja yang perlu Anda tahu!
Baca juga: Gagal Diterima Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!
1. Ada Rekan Kerja Yang Bisa Jadi Partner
Setiap hari Anda akan menghadapi namanya tugas harian dan deadline pekerjaan. Keseharian ini mungkin membuat Anda jenuh sampai mengeluh. Namun ada juga tugas tambahan yang bersifat dadakan, misalnya menghadapi customer yang rewel. Sehingga mengulur waktu yang lebih lama untuk tugas lainnya. Nah, setidaknya ada rekan kerja yang bisa dijadikan teman berkeluh kesah seputar pekerjaan. Karena berada di lingkungan kerja yang sama, kemungkinan keluhan yang dirasakan mirip.
2. Ada Pengalaman Baru Setiap Ada Masalah
Meskipun sebagian besar waktu dihabiskan di kantor ataupun tempat kerja lainnya, masih ada hal yang bisa didapatkan selain rutinitas yang membosankan. Misalnya pengalaman kerja yang bisa jadi berharga untuk masa ke depan. Kalau Anda bekerja di tempat yang mendukung karyawannya untuk berkembang, tugas-tugas dan pengalaman kerja yang diberikan sebenarnya adalah modal bagus untuk meraih jenjang karir berikutnya.
3. Persaingan Yang Ketat
Dunia kerja dikenal dengan persaingannya yang sangat ketat. Anda harus memiliki keunggulan untuk bisa bertahan dalam dunia kerja. Keunggulan tersebut bisa berupa sifat Anda yang rajin dan pekerja keras, prestasi, ide-ide kreatif dan lainnya. Menjadi seorang yang aktif dan penuh inisiatif juga merupakan keunggulan. Karena kalau Anda tidak aktif, besar kemungkinan dapat tersingkir.
4. Adanya Rasa Iri Hati
Persaingan yang ketat tentunya akan menimbulkan iri hati. Apalagi jika ternyata Anda memiliki kinerja bagus, pekerjaan selalu beres, target kerja selalu tercapai bahkan melebihi, sudah bisa dipastikan akan banyak orang yang iri pada kalian. Anda tidak bisa mencegah rasa iri di hati mereka. Yang bisa Anda lakukan hanyalah waspada, karena dari iri hati biasanya akan timbul niat jahat.
5. Cara Pandang Rekan Kerja Yang Berbeda-beda
Kalau waktu kuliah dulu Anda berteman dengan sesama mahasiswa yang usianya gak jauh berbeda. Di dunia kerja nanti Anda akan berkawan dengan sesama rekan kerja yang usianya berbeda-beda, bahkan ada yang terpaut jauh dari Anda. Salah satu dampaknya, akan ada banyak sekali perbedaan pemikiran dan cara pandang dalam menghadapi segala hal. Anda tidak perlu kaget dan merasa aneh, karena nantinya kamu juga akan terbiasa kok.
Sekian artikel tentang realita dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Berikut Tanda Perusahaan Punya Budaya Kerja Buruk
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
- Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan