- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya
siKer.id- Memahami dan menerapkan strategi yang baik untuk membagi waktu antara bekerja dan kuliah sangat penting agar Anda dapat menjalani kedua tanggung jawab ini dengan efisien. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda:
Baca juga : Dampak Buruk Ketidakpuasan Kerja. Berikut Penjelasannya!
1. Prioritaskan Tugas
Identifikasi tugas-tugas utama baik dari pekerjaan maupun kuliah. Tentukan prioritas berdasarkan tenggat waktu dan tingkat urgensi.
2. Buat Jadwal Tetap
Tentukan jadwal harian atau mingguan yang tetap untuk bekerja dan kuliah. Pastikan untuk mencakup waktu untuk istirahat dan kegiatan pribadi.
3. Gunakan Kalender atau Aplikasi Pengelola Waktu
Manfaatkan alat pengelola waktu seperti kalender atau aplikasi pengingat untuk merencanakan dan mengingatkan jadwal Anda.
4. Blok Waktu untuk Studi dan Pekerjaan
Pisahkan waktu khusus untuk bekerja dan kuliah. Hindari mencampuradukkan pekerjaan dan studi pada waktu yang sama.
5. Hindari Prokrastinasi
Identifikasi penyebab prokrastinasi dan cari cara untuk mengatasinya. Mulailah dengan tugas yang paling sulit atau penting terlebih dahulu.
Baca juga : Dampak Buruk Ketidakpuasan Kerja. Berikut Penjelasannya!
6. Berkomunikasi dengan Atasan dan Dosen
Jika memungkinkan, komunikasikan jadwal Anda dengan atasan di tempat kerja dan dosen di perguruan tinggi. Mintalah dukungan atau fleksibilitas jika diperlukan.
7. Fokus pada Hasil
Prioritaskan hasil dan capaian daripada hanya fokus pada waktu yang dihabiskan. Pastikan pekerjaan dan studi Anda memberikan hasil yang memuaskan.
8. Manfaatkan Waktu Luang
Gunakan waktu luang di perjalanan atau antara pertemuan untuk membaca atau mempersiapkan tugas kuliah.
9. Istirahat Secukupnya
Pastikan Anda memberikan waktu untuk istirahat dan rekreasi untuk menjaga keseimbangan hidup. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan produktivitas Anda.
10. Evaluasi dan Sesuaikan
Secara berkala, evaluasi bagaimana strategi ini bekerja untuk Anda. Sesuaikan jadwal Anda jika diperlukan untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik.
Ingatlah bahwa fleksibilitas penting, dan Anda mungkin perlu menyesuaikan strategi ini sesuai dengan perubahan di pekerjaan atau kuliah. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari atasan, dosen, atau teman-teman jika Anda menghadapi kesulitan.
Baca juga : Apa saja Manfaat Komunikasi dalam Organisasi? Yuk Simak!
TAG :
Komentar
- Yuk, Simak ! Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan
- Waspada ! 8 Tanda Ini Sinyal Kamu akan Kena PHK
- Tawaran Gaji Perusahaan Kecil? Pikirkan Ini
- Dipecat dari Pekerjaan? Tak Usah Malu,Ini Alasannya
- Kebiasaan Malas Bekerja Sering Mengganggu? Atasi dengan ini
- Hari Senin Selalu Melelahkan? Wajib Baca Ini Yuk
- 4 Faktor Utama Penyebab Malas Bekerja, Selengkapnya
- Apa Beda Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama?
- Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
- Dampak Buruk dari Multitasking, Selengkpanya