icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Makanan Khas Kota Semarang
Siker.id | 19 Feb 2024 10:58


Bagikan ke
Ilustrasi kota semarang (siker.id/google.com)

siKer.id- Kota Semarang merupakan pilihan destinasi wisata yang menarik. Selain bisa menjelajahi banyak peninggalan kuno Belanda, berburu kuliner khas Semarang pun menarik dilakukan mengingat kota ini termasuk surganya kuliner lezat!

Banyak makanan khas Kota Semarang yang wajib dicoba jika Anda berencana berkunjung ke sana, dari yang manis sampai gurih. Bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang tercinta, loh!

Baca juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Oleh Ahli Gizi

1. Tahu Gimbal

Makanan yang terkenal dari Semarang ini terdiri dari tahu goreng yang disajikan bersama dengan gimbal (topping dari tauge, telur, udang, dan rempeyek), dicelupkan ke dalam sambal kacang. Rasanya pedas dan gurih, merupakan favorit banyak orang.

2. Lumpia Semarang

Lumpia ini berbeda dengan lumpia pada umumnya. Lumpia Semarang biasanya berisi rebung, daging ayam atau udang, telur, dan tauge. Dihidangkan bersama kuah kental dan kecap manis, rasanya segar dan gurih.

3. Nasi Gandul

Nasi gandul adalah hidangan nasi khas Semarang yang disajikan dengan kuah kental dari santan, daging sapi, dan rempah-rempah. Kuahnya yang gurih dan aromatik membuat hidangan ini menjadi favorit di Semarang.

4. Bandeng Presto Semarang

Bandeng presto adalah bandeng yang dimasak dengan teknik presto, sehingga tulangnya menjadi lunak dan bisa dimakan. Ikan ini kemudian digoreng kering dan disajikan bersama sambal dan lalapan.

Baca juga : Peluang Kerja Lulusan Teknik Pangan

5. Soto Semarang

Soto Semarang adalah varian soto yang terkenal di kota ini. Soto ini memiliki kuah bening yang gurih, daging ayam atau sapi, telur, tauge, dan seledri. Biasanya disajikan dengan emping, sambal, dan kerupuk.

6. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa Semarang memiliki ciri khas dengan kuah yang kental dan menggunakan mie kuning yang lebih tebal. Biasanya disajikan dengan potongan daging ayam atau sapi, tauge, dan daun bawang.

7. Sate Kere

Sate kere adalah sate khas Semarang yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibalut dengan adonan tepung dan kemudian digoreng. Biasanya disajikan dengan sambal kacang.

8. Sego Kucing

Sego kucing adalah nasi kecil yang disajikan dalam porsi kecil dengan lauk sederhana seperti telur, sambal, atau ikan asin. Biasanya disajikan dalam keranjang kecil atau daun pisang.

Itulah beberapa kuliner khas Semarang yang patut Anda coba jika berkunjung ke kota ini. Jangan ragu untuk menjelajahi berbagai tempat makan lokal untuk menemukan hidangan yang sesuai dengan selera Anda.

Baca juga Masih Bingung? Berikut Perbedaan Koki Dan Chef


Editor: Safira -

     

Komentar