- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Ingin Jadi HRD? Ini Tugas yang Harus Kamu Tahu
- Persiapkan 7 Hal ini Sebelum Ikuti Tes Psikotes!
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
siKer.id- Bidang Human Resources Development (HRD) menuntut kombinasi keterampilan teknis dan interpersonal yang kuat. Sebagai ujung tombak dalam mengelola sumber daya manusia di sebuah organisasi, seorang profesional HRD bertanggung jawab atas berbagai aspek, mulai dari perekrutan dan pelatihan hingga pengembangan karyawan dan manajemen kinerja. Berikut adalah beberapa skill kunci yang dibutuhkan untuk menjadi sukses dalam karir HRD:
Baca juga : Menerapkan Strategi Rekrutmen yang Efektif
1. Kemampuan Komunikasi yang Baik
Skill yang harus dimiliki HRD yang paling utama adalah kemampuan komunikasi. HRD profesional harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dalam bahasa lisan maupun tertulis. Kemampuan ini akan membantu HRD dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan karyawan dan manajemen perusahaan. HRD harus dapat menyampaikan informasi yang jelas dan tepat kepada karyawan, termasuk dalam memberikan umpan balik yang membangun dan pengembangan karir.
2. Kemampuan Menganalisa Masalah
Untuk menjadi seorang HRD profesional, Anda harus memiliki kemampuan untuk menganalisa masalah dan mencari solusi yang tepat. Hal ini akan membantu HRD dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan karyawan dan pengembangan organisasi. HRD harus mampu mengumpulkan data yang relevan dan menganalisa masalah dengan cermat sebelum mencari solusi yang tepat.
3. Kemampuan Manajemen Proyek
Cara menjadi HRD yang profesional berikutnya adalah dengan mengembangkan kemampuan manajemen proyek. HRD juga harus memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik. HRD sering kali bertanggung jawab dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan karir. Kemampuan manajemen proyek yang baik akan membantu HRD dalam mengorganisasi dan mengelola program tersebut dengan efisien.
4. Kemampuan Beradaptasi
HRD harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang terjadi di dalam dan di luar perusahaan. Perubahan yang terjadi dapat berupa perkembangan teknologi, regulasi baru, atau perubahan kondisi pasar. Sebagai HRD profesional, Anda harus mampu menyesuaikan program pelatihan dan pengembangan karir yang ada agar tetap relevan dan bermanfaat.
Baca juga : Tantangan Budaya Negatif di Perusahaan
5. Kemampuan Memotivasi dan Menginspirasi
HRD harus mampu memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun program pelatihan dan pengembangan karir yang menarik dan memberikan nilai tambah bagi karyawan. Program HRD untuk perusahaan tentu akan membangun motivasi karyawan agar kinerja mereka menjadi lebih baik kedepannya. Selain itu memberi motivasi dan inspirasi, HRD juga harus mampu memberikan umpan balik yang membangun dan memberikan dukungan kepada karyawan dalam mencapai tujuan karir mereka.
6. Kemampuan Mengelola Konflik
Skill yang harus dimiliki HRD yang keenam adalah kemampuan mengelola konflik. Seorang HRD harus memiliki kemampuan dalam mengelola konflik yang terjadi antara karyawan atau antara karyawan dan manajemen perusahaan. HRD harus bisa menjadi penengah dengan seadil-adilnya jika terjadi suatu permasalahan. Jika terdapat konflik HRD harus mampu menyelesaikan konflik dengan cara yang profesional dan tepat, serta menjaga hubungan kerja yang baik antara semua pihak yang terlibat.
7. Kemampuan Evaluasi dan Pengukuran
HRD harus memiliki kemampuan evaluasi dan pengukuran yang baik. HRD harus mampu mengukur efektivitas program pelatihan dan pengembangan karir yang ada dan membuat rekomendasi untuk perbaikan di masa depan.
Hal ini akan membantu HRD dalam memastikan bahwa program pelatihan dan pengembangan karir yang diberikan memberikan nilai tambah bagi karyawan dan perusahaan. HRD juga harus mampu melakukan pengukuran sesuai dengan KPI HRD, agar pencapaian atau target dapat terukur sesuai tujuan.
Baca juga : Mengenali Aset Berharga di Perusahaan
Komentar
- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Ingin Jadi HRD? Ini Tugas yang Harus Kamu Tahu
- Persiapkan 7 Hal ini Sebelum Ikuti Tes Psikotes!
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan