- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing
siKer.id- Event marketing menjadi cara yang tidak boleh dilewatkan oleh bisnis karena sangat penting untuk membuat bisnis menonjol di pasar yang ramai. Event marketing yang dilakukan dengan cara yang tepat akan memberikan manfaat nyata seperti yang sudah disebutkan di atas. Lalu bagaimana cara menerapkan event marketing yang tepat bagi bisnis?
Baca juga : Strategi Membangun Brand Equity
1. Tetapkan Tujuan dan Anggaran Acara
Semua strategi event marketing yang baik dimulai dengan menentukan tujuan. Tujuan acara adalah dasar dari rencana event marketing Anda. Itu berarti Anda harus mengidentifikasi alasan mengapa Anda mengadakan acara. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda ingin mencapai tujuan nyata seperti menarik 500 peserta? Atau bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan mitra bisnis? Setelah Anda menentukan tujuannya, Anda perlu mengetahui anggaran yang dialokasikan untuk upaya marketing.
2. Manfaatkan Pembicara dan Peserta Acara
Bisnis Anda, pembicara, sponsor dan peserta dalam acara memiliki tujuan yang sama yaitu menarik peserta sebanyak mungkin dan meningkatkan visibilitas mereka Anda. Gunakan tujuan bersama ini sebagai bagian dari strategi event marketing untuk memotivasi peserta dalam mempromosikan acara Anda.
3. Temukan Tempat yang Tepat
Untuk mengidentifikasi target pasar dengan benar, Anda perlu mendefinisikannya melalui demografi peserta seperti usia, jenis kelamin, dan industrinya. Anda juga harus mempertimbangkan psikografis seperti penggunaan teknologi, minat, dan tujuan mereka menghadiri acara Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menganalisis data peserta yang dikumpulkan dari acara sebelumnya. Anda juga bisa memberikan traffic pada situs web Anda untuk memahami audiens serta dampak dari promosi acara Anda.
Baca juga : Apa saja Aspek Penting dalam Brand Imagery?
4. Taktik Pemasaran dan Promosi
Dengan memahami tujuan dan anggaran dengan baik, Anda bisa mulai menyusun strategi untuk mempromosikan acara. Anda perlu memanfaatkan berbagai saluran pemasaran untuk menjangkau target audiens dan menarik mereka untuk menghadiri acara Anda. Anda bisa mempromosikan melalui Social Media Marketing, Email Marketing, Siaran Pers, Situs web
5. Tetapkan Metrik untuk Mengevaluasi Kinerja
Dalam perencanaan event marketing, tuliskan metrik apa yang akan Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja acara Anda, seperti jumlah peserta, aktivitas jaringan, atau postingan media sosial. Setelah acara Anda selesai, buatlah laporan untuk menunjukkan keberhasilan acara. Data dan wawasan yang Anda peroleh akan membantu Anda membuat acara berikutnya menjadi lebih baik, menarik sponsor baru, dan meningkatkan aspek tertentu dari acara, dan tentunya meningkatkan peserta.
Event marketing yang sukses bergantung pada rencana yang disusun dengan hati-hati. Dengan mempertimbangkan dan menerapkan cara-cara diatas, bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut tentang event marketing? Hubungi kami untuk membangun customer experience yang lebih baik.
Baca juga : Ini 5 Alasan Perusahaan Memberlakukan One Month Notice
Komentar
- Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
- Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini
- Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
- Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
- Berikut 5 Perbedaan Dari Sales dan Marketing
- 4 Tujuan Utama Komunikasi Pemasaran
- Berikut Trend Digital Marketing 2022
- Mari Mengenal Profesi Marketing Executive Secara Dekat
- 4 Kelebihan Metode Sales Canvassing
- 4 Tips Menjalankan Sales Canvassing