- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara
siKer.id - Sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan, HR (Human Resources) memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlanjutan perusahaan. Namun, seiring perkembangan zaman, tantangan HR pun menjadi semakin kompleks, diantaranya karena perkembangan teknologi dan perubahan budaya kerja.
Tantangan apa saja yang dihadapi oleh HR di Era Modern ini? Bagaimana cara menghadapi tantangan-tantangan tersebut?
Baca Juga 7 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Wawancara Online
1. Perekrutan dan Retensi Bakat
Mencari dan mempertahankan talenta terbaik adalah salah satu tantangan utama HR. Dengan berkembangnya pekerjaan jarak jauh (Remote Work), menjadikan persaingan di pasar kerja yang semakin ketat, hal ini membuat karyawan memiliki lebih banyak pilihan. Selain itu, standar kompensasi dan budaya kerja yang tinggi menjadi tuntutan talenta terbaik saat ini.
2. Pengembangan Keterampilan (Skill Development)
Seiring berkembangnya teknologi, membuat keterampilan di masa lalu menjadi usang dan tidak relevan. Tantangan bagi HR adalah memastikan karyawan terus memiliki keterampilan yang up-to-date untuk tetap produktif dan relevan di era digital.
3. Adaptasi Teknologi dan Transformasi Digital
Munculnya berbagai software dan platform HR, memunculkan tantangan lain bagi HR. Memilih kemudian mengimplementasikan teknologi yang tepat, ditambah dengan transformasi digital sering kali menyulitkan perusahaan yang menerapkan struktur lama.
Baca Juga Ini Dia Tugas Penting Seorang Sales
4. Manajemen Keberagaman dan Inklusi (Diversity & Inclusion)
Perusahaan yang beragam dan inklusif cenderung lebih inovatif dan produktif. Namun, menciptakan lingkungan yang inklusif tidak mudah, terutama bagi perusahaan dengan budaya lama yang belum terbiasa dengan keberagaman.
5. Kesejahteraan Mental dan Keseimbangan Kehidupan Kerja (Work-Life Balance)
Burnout dan stres kerja adalah tantangan lain yang semakin banyak dihadapi. Kesejahteraan karyawan sangat mempengaruhi produktivitas mereka dan juga tingkat retensi.
6. Manajemen Kinerja dan Penilaian Karyawan
Sistem penilaian kinerja tradisional yang berbasis kuantitas kini kurang relevan karena tidak selalu mencerminkan kualitas kerja. Perusahaan membutuhkan cara untuk mengukur kinerja karyawan secara lebih akurat dan berbasis hasil.
Baca Juga Berikut Skill yang Dimiliki Oleh Account Executive
Editor: -
Komentar
- 4 Perbedaan PKWT & PKWTT dalam Dunia Kerja
- Yuk, Simak ! Cara Negosiasi Salary dengan HRD
- Dilanda Deadline? Simak 5 Tips Ini agar Tugasmu Selesai
- Pentingnya Attitude dan Tutur Bahasa dalam Dunia Kerja!
- Tips Melamar Pekerjaan Via Email, Langsung Dilirik HRD!
- 4 Tipe Kepribadian DISC, Kamu Termasuk yang Mana?
- Turnover Karyawan Marak Terjadi? Ini Penyebabnya !
- Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance
- Rekomendasi ! Kota Terbaik untuk Pencarian Pekerjaan
- Yuk, Simak!Cara Membatalkan Undangan Wawancara