icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Menjadi Karyawan Yang Tidak Mengeluh?
Siker.id | 20 Dec 2021 19:45


Bagikan ke
Menjadi seorang karyawan yang tidak suka mengeluh. (siker)

siker.id - Apakah Anda pernah mengalami stres karena beban pekerjaan yang berat dan terus menumpuk? Jika pernah mengalami hal tersebut, pasti Anda merasa lelah dan ujung-ujungnya mengeluh. Mengungkapkan keluhan bisa dengan cara mengomel, mencaci maki, curhat dan menggosipkannya dengan teman di kantor. Namun, itu hanya akan membuat hari Anda semakin tidak nyaman untuk bekerja. Hasilnya kinerja akan terus menurun. Apabila Anda ingin menjadi karyawan yang disukai oleh atasan dan rekan kerja, hilangkan kebiasaan mengeluh. Berikut tips menjadi karyawan yang tidak banyak mengeluh!

Baca juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

1. Bertanya Pada Diri Sendiri

Sangat mudah untuk tenggelam dalam pusaran perasaan negatif, ketika kita mengalami hari yang buruk di tempat kerja. Jika itu yang terjadi, maka kita harus mengambil langkah yang tepat, dan bertanya kepada diri sendiri, seberapa besar perbedaan yang muncul dengan membahas persoalan tersebut? Lalu, hasil apa yang mungkin didapat dengan membahas dan mengeluhkan pekerjaan semacam itu? "Jadi, pertama-tama, sadarilah, apakah hal itu benar-benar penting, atau ternyata hanya hal yang sepele," sebut Chiang.

2. Kritik Bukan Mengeluh

Adalah baik untuk berbicara tentang masalah, dan hal itu tidak bisa dihindari. Namun, ketimbang mengeluh, berikanlah kritik yang membangun. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan fokus pada situasi, bukan individu. Kita juga harus membuat poin solusi atas masalah yang kita rasakan.

3. Bersyukur Masih Punya Pekerjaan

Ingat, masih banyak orang di luar sana yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini Anda sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan, maka syukuri hal tersebut. Anda lebih beruntung dibandingkan mereka yang masih menganggur atau mencari pekerjaan. Akan ada banyak manfaat jika bisa mensyukuri hal ini, salah satunya mengurangi stres akibat tekanan kerja.

Baca juga: Mengapa Banyak Karyawan Tidak Nyaman Bekerja?

4. Mengingat Lagi Alasan dan Tujuan Bekerja

Cara ampuh lainnya untuk mengurangi keluhan adalah dengan mengingat kembali tentang alasan dan tujuan Anda bekerja. Ini akan menjadi motivasi agar Anda semangat lagi. Apa pun alasan dan tujuan pada awal bekerja, Anda pasti berusaha agar diterima. Niat di awal sudah baik, maka selanjutnya harus menunjukkan kualitas diri terbaik dan bertingkah laku sebaik mungkin.

5. Kerjakan Kewajiban Sampai Tuntas

Daripada waktu terbuang sia-sia hanya untuk mengeluh, lebih baik Anda mengerjakan kewajiban. Selesaikan semua pekerjaan dengan baik. Jangan terus mengeluh saat bekerja karena itu hanya akan membuat Anda semakin malas. Berusahalah menyeimbangkan antara kewajiban dan hak Anda sebagai karyawan.

Sekian artikel tentang tips menjadi karyawan yang tidak suka mengeluh. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Caranya Memotivasi Karyawan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar