- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
- Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
- Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja
- Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja
- Berikut Tips Mengatasi Panic Attack di Tempat Kerja
- Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja
- Berikut Tips Mencari Tempat Kerja Yang Nyaman
- Mengapa Banyak Karyawan Betah Ditempat Kerja?
siker.id - Pasti tidak semua dari Anda memiliki pekerjaan yang Anda sukai. Tidak apa-apa, jangan merasa hanya Anda orang di dunia yang punya pekerjaan yang tidak disukai. Banyak kok orang lain yang juga merasakan sama. Anda harus kuat untuk bertahan sebelum Anda mendapat cukup ilmu dan pengalaman. Berikut beberapa cara tetap betah di pekerjaan yang Anda benci. Setidaknya Anda harus bisa nyaman dengan lingkungannya walau Anda tidak melakukan pekerjaan yang Anda sukai. Dengan Anda merasa nyaman, maka hari-hari yang Anda lalui tidak jadi terasa berat.
1. Persiapkan Diri Anda
Persiapkan diri Anda bahwa sebentar lagi Anda akan berhadapan dengan sesuatu yang baru. Jangan terlalu optimis, dan jangan terlalu pesimis. Bersikaplah yang realistis sembari membekali mental Anda. Kenapa ini penting? Sebab banyak orang yang ternyata tidak mempersiapkan dirinya ketika menjadi karyawan baru. Akibatnya mereka kaget dan merasa ingin kembali ke kantor lamanya.
2. Kenali Kondisi Sekitar Tempat Kerja
Setiap kantor memiliki budaya kerja yang berbeda-beda. Relasi antar divisi, hubungan dalam satu divisi, dan lainnya tak jarang berlainan satu dengan yang lain. Bila Anda mengabaikan hal-hal seperti ini, Anda akan bingung dan menghadapi banyak masalah. Akibatnya, Anda akan sulit betah di kantor yang baru. Karena itulah, salah satu cara agar betah bisa dilakukan dengan mulai membaca situasi seperti ini.
3. Cari Teman Kerja yang Bisa Dipercaya
Salah satu yang bisa membuat kita cepat betah di lingkungan baru adalah keberadaan sosok teman. Semakin cepat kita mendapatkan teman, maka semakin mudah kita bertahan dan nyaman di tempat tersebut. Namun mencari teman di kantor yang sama sekali asing bagi Anda memang tidak mudah. Karenanya, jangan terlalu terburu-buru mempercayai kenalan Anda. Untuk masa awal di kantor, bertemanlah dengan siapa saja yang membalas keramahan Anda. Sembari itu, amati sifat tiap rekan kerja Anda tersebut, dan putuskanlah dengan siapa Anda ingin menjalin hubungan yang lebih erat.
Baca juga: Berikut Dampak Terlalu Baik Ditempat Kerja
4. Tetap Belajar Sebanyak Mungkin
Hanya karena Anda benci pekerjaan atau tidak nyaman ditempat kerja, bukan berarti Anda boleh mengerjakannya dengan setengah hati atau malah malas-malasan. Anda harus tetap menyerap banyak ilmu dari sana. Yang namanya ilmu, entah suka atau tidak suka, itu pasti berguna untukmu nantinya.
5. Konsultasi dengan Rekan Kerja
Jangan dipendam sendiri. Ajak saja rekan kantormu ngobrol tentang pekerjaan yang Anda lakukan. Siapa tahu dia bisa memberimu solusi atau bahkan menceritakan pengalaman yang pernah dia alami. Dengan begitu, Anda pasti akan merasa lebih semangat lagi.
Sekian artikel tentang tips agar makin betah ditempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Komentar
- Cara Mengendalikan Emosi di Tempat Kerja, Selengkapnya
- Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja
- Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
- Berikut Tips Menghadapi Rasa Insecure di Tempat Kerja
- Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja
- Berikut Tips Mengatasi Panic Attack di Tempat Kerja
- Berikut Cara Menjaga Profesionalisme Ditempat Kerja
- Berikut Tips Mencari Tempat Kerja Yang Nyaman
- Mengapa Banyak Karyawan Betah Ditempat Kerja?