icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 6 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi
Siker.id | 14 Jan 2022 13:45


Bagikan ke
Alasan memilih jurusan akuntansi. (siker)

siker.id - Salah satu jurusan yang banyak peminatnya adalah akuntansi. Bahkan saking banyak peminatnya, akuntansi sering disebut jurusan yang pasaran! Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi ini entah mengapa selalu menarik untuk dipilih. Memangnya apa, sih, daya tarik dari jurusan yang fokusnya tentang menghitung laporan keuangan ini? Buat Anda yang lagi bingung memilih jurusan atau masih maju mundur dalam memilih jurusan ini, berikut ini 6 alasan memilih jurusan akuntansi.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?

1. Dikenal Sebagai Mahasiswa Pintar

Orang-orang sering menilai bahwa materi pelajaran di jurusan akuntansi adalah materi-materi yang rumit. Maka, para mahasiswa yang bisa masuk ke jurusan ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang pintar. Jika Anda masuk jurusan akuntansi, Anda akan dikenal orang-orang sebagai mahasiswa yang pintar.

2. Memiliki Jenjang Karir

Keuntungan lainnya yang akan Anda dapatkan setelah masuk dunia kerja dan menjalani karir sebagai akuntan adalah jenjang karir yang Anda dapatkan. Profesi sebagai akuntan memiliki jenjang karir yang akan membuat karir Anda naik perlahan-lahan hingga Anda menjadi akuntan senior.

3.Punya Grade yang Tinggi

Di kampus biasanya ada jurusan-jurusan dengan grade tinggi. Jurusan yang memiliki grade tinggi ini membutuhkan nilai yang lebih tinggi karena menuntut mahasiswanya untuk lebih cerdas dan berprestasi dari pada mahasiswa pada jurusan-jurusan lain. Tak hanya berpengaruh pada saat masuk kuliah saja, mahasiswa dari jurusan grade tinggi biasanya lebih eligible di mata perusahaan. Sebelum diterima kerja, perusahaan sudah yakin akan prestasi dari lulusan grade ini. Akuntansi sendiri merupakan jurusan yang grade-nya tinggi. Jadi nggak heran baik di kampus atau di luar sekalipun mahasiswa jurusan ini pasti banyak yang kagum.

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi

4. Semua Sektor Pasti Butuh Akuntan

Nggak bisa dipungkiri, hampir semua sektor dan perusahaan apapun pasti membutuhkan akuntan. Keahlian akuntan yang dapat menghitung arus pengeluaran dan pemasukkan hingga dapat membuat laporan keuangan. Dari laporan keuangan ini, perusahaan bisa menilai apakah mereka rugi atau untung. Jadi Anda nggak perlu takut kehabisan lapangan pekerjaan karena lulusan jurusan akuntansi akan selalu dibutuhkan.

5. Menjadi Latar Belakang yang Mendukung Bisnis

Salah satu alasan memilih jurusan akuntansi adalah lapangan kerjanya yang luas. Bahkan lulusan jurusan akuntansi bisa membuka lapangan kerja dengan membangu bisnis sendiri. Kemampuan menyusun hingga menganalisis laporan keuangan bisa menjadi bekal Anda untuk mengendalikan keuangan bisnis kamu secara penuh. Anda bisa mengetahui apakah ada profit atau kerugian hingga bisa mengalokasikan dana pada sektor-sektor yang tepat dalam bisnis Anda.

Sekian artikel tentang alasan memilih jurusan akuntansi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar