icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Cara Mengelola Karyawan dengan Baik
Siker.id | 19 Jan 2022 16:20


Bagikan ke
Cara mengelola karyawan dengan baik. (siker)

    siker.id - Adanya lingkungan kerja yang nyaman dengan karyawannya yang saling mendukung menjadi idaman bagi semua pekerja. Tak ada drama saling sikut, saling jegal, sindiran, perundungan, dan lain sebagainya. Permasalahannya adalah untuk menciptakan kondisi demikian diperlukan kerja sama antara perusahaan, pemimpin, dan karyawan itu sendiri. Kondisi lingkungan yang suportif tak bisa datang dengan sendirinya. Adapun untuk menciptakan keadaan demikian, dibutuhkan suatu usaha agar tujuan dan keinginan masing-masing dapat terpenuhi. Nah, berikut akan dibahas secara rinci mengenai cara mengelola karyawan dengan baik, sehingga kondisi di atas dapat terealisasikan.

    Baca juga: 5 Alasan Banyak Karyawan Sering Pindah Kerja

    Pertahankan rasa humor yang baik

    Ini membuat Anda didekati dan membantu Anda menjaga perspektif. Jangan membuat diri Anda terlalu serius. Pada suatu waktu, semua orang menempatkan celana mereka pada satu kaki.

    Ingat bahwa direct report Anda adalah orang

    Mereka bukan resources dan mereka bukan human capitol. Mereka adalah orang dengan keluarga, perasaan, dan masalah. Hal ini tidak memungkinkan mereka bekerja terpisah dari kehidupan rumah. Sadarilah bahwa orang memiliki kehidupan pribadi dan melakukan yang terbaik, Anda harus bisa peka terhadap mereka. Perlakukan semua orang debgan sama terlepas dari gelar atau posisi mereka. Ingatlah untuk banyak tersenyum dan selalu mempertahankan sikap yang menyenangkan.

    Lakukan komunikasi secara rutin

    Meskipun telah menjelaskan secara detail mengenai ekspetasi yang diinginkan, tak lantas menjadikan proses yang dilakukan akan berjalan lurus, tanpa ada kendala. Kadang kala, kendala, rintangan, dan masalah tetap akan ditemukan. Oleh karena itulah dibutuhkan komunikasi atau diskusi secara rutin antara karyawan dan pemimpin perusahaan. Adanya diskusi ini dimaksudkan agar baik rintangan dan masalah tersebut dapat dipecahkan bersama-sama. Pemimpin dapat dimintai saran. Adapun karyawan dapat memberikan progres yang telah dilakukan. Dari adanya komunikasi yang rutin ini dimaksudkan agar segala hal-hal kecil diketahui bersama, dan bisa mencapai tujuan yang dikehendaki.

    Baca juga: Berikut 5 Kesalahan Dalam Proses Rekrutmen Karyawan

    Pantau kinerja

    Sebagai seorang pemimpin, bukan berarti tugasmu hanyalah duduk dan menunggu hasil. Justru dengan Anda menjadi seorang pemimpin, maka Anda bertanggung jawab terhadap semua proses yang sedang dilakukan oleh karyawan-karyawanmu tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memantau kinerja mereka sehari-harinya. Jarak ataupun kondisi tak membatasimu melakukan hal ini. Justru dengan Anda memantau kinerja para karyawannya, Anda bisa melihat progres projek tersebut secara jelas.

    Berikan pelatihan

    Nah, mengelola karyawan dengan baik salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada mereka. Anda bisa memberikan pelatihan ini ke seluruh karyawanmu. Pelatihan ini dimaksudkan agar para karyawan tersebut memiliki kualitas kemampuan yang memadai, sehingga tentunya hal tersebut juga akan berdampak baik ke projek yang ditangani. Anda bisa mulai memberikan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh karyawanmu tersebut.

    Sekian artikel tentang tips mengelola karyawan dengan baik. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

    Baca juga: Berikut Alasan Gaji Tiap Karyawan Berbeda


    Reporter: Azzachra Rara
    Editor: -

         

    Komentar