- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja
siker.id - Memasuki dunia kerja dengan kepribadian introvert tidak pernah mudah. Banyak lingkungan kerja yang mengharuskan seseorang untuk menjadi ekstrovert bahkan sejak proses seleksinya. Setiap orang dituntut untuk menjadi percaya diri dan selalu semangat menghadapi hari. Sementara orang introvert sebenarnya lebih suka menyendiri.
Kamu yang introvert tak perlu khawatir dan menyerah dengan kerpibadianmu sampai memutuskan untuk tidak melamar pekerjaan tertentu. Ada kok tips-tips yang bisa kamu terapkan agar tetap bisa menjalani hari-harimu di tempat kerja tanpa harus tersiksa meski kamu introvert. Berikut ulasannya!
Baca juga: Anda Introvert? Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok!
Datang lebih awal
Saat mulai bekerja, pastikan kamu datang lebih awal, misalnya 30 menit sebelumnya. Kamu bisa menunggu di kedai kopi dekat kantor atau langsung menunggu di lobby. Ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan mental sehingga tak terlalu gugup saat bertemu orang baru.
Selain itu, datang lebih awal juga memungkinkan kamu mengenal lingkungan di sekitar kantor. Dengan demikian, kamu merasa lebih familier dan menikmati waktu tanpa harus terburu-buru.
Mulai pelan-pelan
Di minggu pertama bekerja, kita akan menjalani proses orientasi atau induction. Berkenalan dengan seluruh anggota divisi mungkin akan sangat melelahkan, jadi kamu bisa memulai interaksi dengan orang yang berada di dekatmu terlebih dahulu. Misalnya rekan kerja satu tim yang kursinya berdekatan.
Seiring waktu, kamu bisa mengeksplorasi interaksi dengan rekan lain. Tak perlu terburu-buru, poin terpenting yang perlu diingat ialah kamu merasa nyaman saat melakukannya. Meski begitu, cobalah tetap terbuka jika ada yang ingin mengajakmu berinteraksi, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.
Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman
Zona nyaman seorang introvert adalah “rumah”, tidak harus dalam artian fisik rumah. Yang dimaksud rumah bisa jadi adalah tempat di mana orang-orang yag membuatmu nyaman tinggal. Misalnya kost, kelas kuliah, tempat makan, atau apapun.
Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan temukanlah dunia di luar rumahmu, ajak teman dekatmu agar kamu lebih mudah masuk ke dunia itu.
Cukup menjadi observer dan mengamati terlebih dulu
Kamu memang orang tertutup dan tak perlu memaksakan diri untuk membuka kepribadianmu, jadilah observer saja dulu. Amati bagaimana orang-orang bekerja, bercengkrama, mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya yang berlangsung di tempat kerja. Setelah merasa cukup kamu bisa bertindak sesuai dengan hasil pengamatanmu saat masih menjadi observer.
Sekian artikel tentang tips adaptasi kerja buat introvert. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.
Baca juga: Saat Bosan Jangan Resign Kerja Berikut Alasannya!
Komentar
- Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?
- Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?
- Berikut Alasan Karyawan Sering Kerja Lembur
- Apa Untungnya Memakai Sistem Kerja Shifting?
- Apa Kelebihan dan Kekurangan Kerja Part Time?
- Kiat Ampuh Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru !
- Berikut Tips Melakukan Presentasi Kerja Yang Menarik
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?
- Berikut Tips Melewati Tiga Bulan Pertama Kerja